Banda Aceh (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Aceh Besar bersama unsur Forkopimda setempat mencanangkan gerakan nasional 10 juta bendera merah putih di perbatasan kabupaten itu dengan Kabupaten Aceh Jaya.

“Pencanangan gerakan nasional 10 juta bendera merah putih yang kita laksanakan di perbatasan Aceh Besar dengan Kabupaten Aceh Jaya itu merupakan tindak lanjut Instruksi Mendagri dalam rangka menyambut Kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Penjabat Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto di Lhoong, Rabu.

Pernyataan itu disampaikan Iswanto di sela-sela pencanangan gerakan nasional 10 juta bendera merah putih bersama unsur Forkopimda Kabupaten Aceh Besar di Kaki Gunung Geurutee.

Ia menjelaskan dalam pencanangan program nasional 10 juta bendera merah putih di perbatasan kabupaten tersebut, Pemkab Aceh Besar membagikan bendera merah putih kepada 28 keuchik/kepala desa di Kecamatan Lhoong.

Baca juga: Bendera Merah Putih sepanjang 1.000 meter dibentangkan di Tungkuwiri

“Alhamdulillah hari ini seluruh keuchik di Kecamatan Lhoong hadir dalam kegiatan pencanangan gerakan nasional 10 juta bendera merah putih yang menunjukkan komitmen kita dalam memeriahkan HUT RI dengan mengibarkan bendera merah putih,” katanya.

Ia mengatakan pembagian bendera merah putih tersebut akan dilanjutkan ke 604 gampong di Kabupaten Aceh Besar, di mana untuk pembagian tersebut akan dilaksanakan oleh Kesbangpol untuk masing-masing gampong 15 lembar.

“Pembagian bendera merah putih tersebut dapat dilanjutkan oleh mukim, gampong, dan masyarakat yang mampu untuk membagikan bendera merah putih kepada warga,” katanya.

Baca juga: Pemkot Jayapura bentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 10,76 kilometer

Pihaknya akan menerbitkan surat edaran Bupati Aceh Besar bersama Forkopimda dengan mengajak seluruh masyarakat untuk mengibarkan bendera merah putih dalam rangka memeriahkan HUT RI baik di depan rumah, meunasah, masjid, tempat usaha maupun tempat strategis lainnya.

Dalam kesempatan tersebut ia juga mengajak seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Aceh Besar untuk melaksanakan berbagai kegiatan positif sebagai wujud rasa syukur dalam memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

Penjabat Bupati Aceh Besar bersama unsur Forkopimda juga melaksanakan pemancangan bendera merah putih di pinggir jalan nasional Kaki Geurutee bersama dengan pejabat di lingkungan pemerintah setempat, masyarakat dan pemuda di Kecamatan Lhoong.

Baca juga: Yonif 122/TS bentangkan Bendera Merah Putih satu kilometer di Mosso

Dalam kegiatan pencanangan gerakan nasional 10 juta bendera merah putih di perbatasan Kabupaten Aceh Besar tersebut, Penjabat Bupati Aceh Besar bersama unsur Forkopimda menggunakan sepeda motor menuju lokasi kegiatan.