Jakarta (ANTARA) - Majelis Profesor Riset, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengukuhkan empat orang profesor riset baru sebagai cerminan prestasi akademik dan sikap profesional yang tinggi, serta komitmen mendalam terhadap penelitian dan inovasi.

"Setelah melalui proses akademik yang komprehensif, maka hari ini Majelis Profesor Riset melaksanakan sidang terbuka untuk mengukuhkan empat profesor riset baru di lingkungan BRIN," kata Wakil Kepala BRIN Prof Dr Amarulla Octavian dalam Sidang Terbuka Pengukuhan Profesor Riset BRIN di Jakarta, Rabu.

Amarulla menyebutkan keempat Profesor Riset BRIN yang dikukuhkan di antaranya Heny Herawati dengan kepakaran Teknologi Pascapanen, Muhammad Rifai dengan kepakaran Logam dan Paduan, Aan Johan Wahyudi dengan kepakaran Biogeokimia Laut, dan Didi Rosiyadi dengan kepakaran Keamanan Siber.

Ia menekankan gelar Profesor Riset adalah gelar yang diberikan kepada periset atas kecakapan dan profesionalisme para periset dalam memberikan bukti nyata dan kontribusi yang signifikan dalam perkembangan riset dan inovasi.

"Gelar ini juga memiliki tanggung jawab besar untuk menjadi teladan dan inspirator periset lainnya," tambahnya.

Baca juga: Peneliti soroti tantangan penginderaan jauh estimasi karbon di lamun

Di tengah tantangan dunia riset yang makin besar, Amarulla menegaskan seorang Profesor Riset selalu dihadapkan dengan riset yang harus berkualitas, serta menjadi pembimbing kader ilmiah para periset muda dan mahasiswa, yang kelak menjadi bibit unggul periset Indonesia.

Ia berpesan kepada para Profesor Riset yang dikukuhkan untuk lebih bisa memacu diri dalam meningkatkan prestasi ilmiah, dan senantiasa menghasilkan berbagai inovasi penting.

"Bagi Profesor Riset, juga untuk menjaga marwah, kehormatan, serta reputasi dan integritas sebagai seorang Profesor Riset. Selain itu, selalu lekatkan etika sebagai seorang Profesor Riset dalam setiap langkah," ujarnya.

Melalui pengukuhan ini, Amarulla mengucapkan selamat kepada seluruh Profesor Riset yang diangkat, serta mendorong kepada Majelis Profesor Riset BRIN untuk dapat segera mempromosikan kembali Profesor Riset yang berkualitas, agar dapat merespon berbagai permasalahan masyarakat yang ada pada saat ini.
Baca juga: Universitas Mulia-BRIN riset solusi kelangkaan air bersih di IKN
Baca juga: BRIN dorong riset sel punca guna kembangkan teknologi kesehatan RI