Jakarta (ANTARA) - Tim balap mobil Haas resmi memperpanjang kemitraan teknis mereka dengan Ferrari hingga tahun 2028, Formula 1 melaporkan pada Rabu.

Kerja sama ini pun menandai Haas akan terus didukung oleh tim pabrikan Italia untuk memasuki era regulasi mesin olahraga balap mobil ini yang akan diaplikasikan pada waktu dekat.

“Saya sangat senang bisa memperpanjang hubungan kami dengan Scuderia Ferrari hingga 2028,” kata Ketua Tim F1 Haas, Ayao Komatsu, dikutip dari laman resmi Formula 1.

Ia melanjutkan, hubungan Haas dengan Ferrari sendiri dimulai sejak musim debut F1 mereka pada tahun 2016, dengan kedua pihak bersaing dalam 178 Grand Prix bersama sejak saat itu.

“Hubungan dengan Scuderia Ferrari selalu menjadi sesuatu yang istimewa bagi kami. Mereka berperan penting dalam awal mula program ini dan terus menjadi mitra teknis yang berharga bagi kami selama sembilan musim terakhir,” kata Komatsu.

Baca juga: Haas umumkan tanggal peluncuran mobil untuk F1 2024

Unit daya F1 yang baru untuk Formula 1 tahun 2026 akan menggunakan mesin pembakaran internal hybrid V6 turbocharged 1,6 liter yang dilengkapi dengan peningkatan tenaga listrik dan bahan bakar yang sepenuhnya berkelanjutan.

“Sebagai sebuah organisasi, kami hanya pernah berpacu dengan unit tenaga Ferrari dan menjaga stabilitas tersebut dalam peraturan unit tenaga (power unit) berikutnya adalah bagian penting dari pengembangan berkelanjutan kami,” kata Komatsu.

“Saya senang kami sekarang memiliki lebih banyak musim ke depan dan berterima kasih kepada Scuderia Ferrari karena terus menunjukkan kepercayaan pada proyek kami. Ini adalah contoh lain dari ambisi jangka panjang kami, investasi dan pertumbuhan kami dalam olahraga ini yang terus berlanjut,” ujarnya.

Di sisi lain, Haas naik ke posisi terbaiknya di posisi kelima dalam klasemen konstruktor F1 pada tahun 2018, dan menempati posisi ketujuh pada pertengahan musim 2024.

Tim baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka mendebutkan pembalap muda Oliver Bearman ke kelas balap utama pada tahun 2025. Sementara, dua pembalapnya musim ini yaitu Nico Hulkenberg hengkang dan melanjutkan perjalanannya ke Kick Sauber, sedangkan Kevin Magnussen belum memberikan pengumuman apa pun terkait kariernya musim depan.

Baca juga: Oliver Bearman perpanjang kontrak di Haas sampai 2025

Baca juga: Hulkenberg optimistis tatap sisa musim setelah dua kali beruntun P6