Yogyakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin, menyelenggarakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilu 2014.

Simulasi itu diikuti seluruh ketua serta beberapa komisioner Komisi Pemilihan Umum kabupaten/kota di DIY. Beberapa komisioner bertindak sebagai pemilih dan sebagian lainnya bertindak sebagai panitia pemungutan suara.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY, Hamdan Kurniawan, di sela acara itu mengatakan bahwa simulasi itu bertujuan untuk mensosialisasikan proses pemungutan suara agar penyelenggaraan Pemilu 2014 dapat berjalan lancar.

"Simulasi ini penting kami lakukan untuk menyamakan pemahaman mengenai prosesi pemungutan hingga penghitungan suara," kata Hamdan.

Menurut Hamdan, mekanisme pemungutan suara sangat urgen untuk dipahami lebih awal oleh seluruh penyelenggara pemilu di semua level. Dengan penyelenggaraan sesuai prosedur diharapkan hasil rekapitulasi suara dapat diterima oleh masyarakat.

"Harapan kami agar penyelenggaraan pemilu di semua level kabupaten/kota dapat dilakukan sesuai dengan PKPU nomor 26 dan 27 tentang pemungutan suara. Sehingga hasilnya dapat diterima masyarakat," kata dia.

Setelah terselenggaranya simulasi itu, selanjutnya ia meminta KPU kabupaten/kota untuk segera menyosialisasikan tata cara pemungutan dan penghitungan rekapitulasi suara di tingkat kecamatan hingga kelurahan masing-masing.

"Setelah ini, mereka akan kami minta segera melakukan bimbingan teknis kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara di tingkat kelurahan," katanya.

"Termasuk nanti juga dapat disampaikan pemahaman mengenai mekanisme pencoblosannya seperti apa," katanya menambahkan.

(KR-LQH/Z002)