Jakarta (ANTARA) - Musim hujan sangat mempengaruhi sektor pertanian, terutama tanaman padi. Curah hujan yang tinggi menyebabkan Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) berkembang pesat.

Jika tidak ditangani dengan baik, hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada tanaman padi hingga mengakibatkan gagal panen dan terganggunya persediaan beras lokal nantinya.

Artikel kali ini akan membahas apa saja hama dan penyakit tanaman padi yang muncul saat musim hujan? Berikut penjelasan lengkapnya:

Penyakit blast
Memiliki gejala yang terdapat pada daun, batang, malai, hingga gabah. Pada daun, penyakit ini dapat menyebabkan bercak berbentuk belah ketupat dengan ujung yang lancip dan berwarna kelabu dengan tepi coklat atau coklat kemerahan.

Selain itu, penyakit blast juga bisa menyebabkan tangkai menjadi busuk dan mudah patah. Akibatnya, gabah yang dihasilkan menjadi kosong dan terdapat bercak kecil berbentuk bulat.

Wereng
Hama wereng merupakan hama utama pada tanaman padi yang sering muncul saat musim hujan. Hal ini terjadi karena selama musim hujan, intensitas sinar matahari berkurang. Akibatnya, telur wereng lebih mudah menetas, sehingga populasinya meningkat secara signifikan.

Tikus
Saat musim hujan para tikus sawah juga menjadi hama yang sering menyerang tanaman padi dengan merusak dan memakan padi yang ada. perlu pengolahan lahan secara serempak untuk menangani masalah ini.

Sundep
Hama ini akan meletakkan telur-telurnya pada daun padi, lalu etelah menetas, larva sundep akan memakan daun padi. Setelah dewasa hama ini akan masuk ke batang padi dan menggerek batang bagian dalam sehingga jaringan pembuluh batang padi terpotong.

Hawar daun bakteri
Tidak hanya hama, saat musim hujan padi juga rentan terkena penyakit tanaman. penyakit tanaman itu adalah hawar daun bakteri.

Penyakit ini mudah berkembang saat musim hujan tiba. penyakit ini menyerang titik tumbuh tanaman dan daun, biasanya kerusakan terparah terjadi pada tanaman yang masih muda, jika tidak segera ditindak, maka tanaman bisa mati.

Demikian rangkuman dari beberapa penyakit dan hama pada tanaman padi yang muncul ketika musim hujan. Untuk meminimalisir hal tersebut, terapkan penanganan secara teknis untuk mencegah Organisme Pengganggu Tanaman (OPT) ketika musim hujan tiba.

Baca juga: Pemkot Semarang uji coba varietas padi tahan rob

Baca juga: IPB University kembangkan benih padi cerdas iklim

Baca juga: Penyakit yang rentan menyerang kelinci saat musim hujan