Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengingatkan warga termasuk pelajar agar semakin sadar hukum untuk mewujudkan kota yang tertib dan teratur guna menyongsong Jakarta sebagai kota global selepas tidak lagi sebagai Ibu Kota Negara (IKN).

Hal ini disampaikan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DKI Jakarta Arifin pada kegiatan "Satpol PP Goes to School" yang bertepatan dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SLB Negeri 01 Jakarta, Senin.

"Jakarta yang sebentar lagi tidak menjadi ibu kota menjadi kota global, kami berharap dihuni masyarakat yang makin disiplin, sadar hukum, masyarakat yang patuh sehingga Jakarta terlihat kota yang tertib, teratur, maju baik peradabannya, maupun kemakmuran warganya," katanya.

Arifin mengingatkan bahwa ada aturan-aturan yang mengikat dan membatasi masyarakat untuk melakukan aktivitas. Dalah satunya peraturan daerah (perda).

Sebagai upaya mengingatkan warga terkait aturan daerah ini, maka Satpol PP DKI melaksanakan kegiatan pemberian edukasi. Salah satunya menyasar warga sekolah, melalui "Satpol PP Goes to School".

Baca juga: Wali Kota Jaktim ingatkan siswa tak melakukan "bullying" di sekolah
Baca juga: KJP Plus masih tahap verifikasi akhir

Melalui kegiatan ini, Satpol PP menyampaikan berbagai informasi sekaligus mengedukasi warga sekolah agar mereka mengenal berbagai ketentuan yang mengatur masyarakat Jakarta.

Kegiatan ini pun tak terbatas pada sekolah umum, melainkan juga di Sekolah Luar Biasa (SLB), dengan turut menghadirkan Juru Bahasa Isyarat agar edukasi dapat tersampaikan dengan baik.

Upaya itu diharapkan dapat membangun kesadaran pemahaman sejak usia dini terhadap berbagai ketentuan aturan yang mengatur warga Jakarta. "Kalau mereka sudah mengenal, memahami aturan itu, mudah-mudahan terbentuk karakter disiplin, muncul kesadaran masyarakat terhadap aturan," katanya.

Satpol PP sebagai polisi pemerintah daerah dapat melakukan penindakan terhadap pelanggar peraturan daerah dan peraturan gubernur guna menjaga Jakarta untuk tetap tertib dan teratur.