Moskow (ANTARA) - Partai Buruh Inggris berupaya menuntaskan pembahasan pakta keamanan bersama dengan Uni Eropa, demikian laporan surat kabar The Guardian, mengutip Menteri Luar Negeri baru Inggris, David Lammy.

Pembahasan tersebut mencakup berbagai isu, termasuk pertahanan, energi, krisis iklim, pandemi, dan migrasi tidak berdokumen, menurut laporan koran tersebut pada Minggu (7/7). Pakta keamanan ini tidak akan merusak komitmen Partai Buruh untuk tetap berada di luar pasar tunggal dan serikat pabean Uni Eropa, kata Lammy kepada surat kabar tersebut.

Dia juga mengatakan keinginannya agar terdapat "dialog terstruktur" dengan Uni Eropa.

Partai Buruh ingin kerja sama tersebut terstruktur seperti Dewan Perdagangan dan Teknologi UE-AS, yang memiliki sejumlah subkomite dan mengadakan pertemuan puncak tahunan, tambah laporan itu.

Lammy diangkat sebagai Menteri Luar Negeri Inggris yang baru dalam kabinet Perdana Menteri Keir Starmer pada Jumat (5/7), setelah kemenangan Partai Buruh dalam pemilihan umum Inggris.

Menteri luar negeri yang baru ini telah mengumumkan beberapa perubahan dalam kebijakan luar negeri Inggris, termasuk salah satunya adalah mendekatkan hubungan dengan Uni Eropa.

Sumber: Sputnik

Baca juga: PM baru Inggris batalkan rencana kirim migran ke Rwanda
Baca juga: Balfe: 10 tahun lagi Konservatif bisa kembali berkuasa di Inggris