Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengaku puas atas layanan yang diberikan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) bagi jamaah haji Indonesia di Madinah.

"(Pelayanan) di sini saya rasa sudah sangat bagus, tadi saya sudah berdialog dengan beberapa jamaah. Intinya pelayanannya sangat bagus, dari segi tempat kamar juga lumayan karena diisi oleh empat orang saja," kata Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Pernyataan Muhadjir tersebut disampaikan saat meninjau fasilitas penginapan jamaah haji Indonesia yang berada di Hotel Nusk Al-Hijra, Madinah.

Berdasarkan keterangan dari jamaah, kata Muhadjir, fasilitas yang diberikan oleh PPIH telah dilakukan dengan maksimal melalui penyediaan fasilitas penginapan yang nyaman dan memadai.

Begitu pula dengan makanan yang disediakan dinilai telah memenuhi asupan gizi. Persediaan makanan terbilang cukup dengan jumlah lauk yang bervariasi.

Kendati demikian, Muhadjir terus mendorong PPIH untuk tidak lelah meningkatkan inovasi, salah satunya dengan menyediakan makanan lokal agar dapat mengobati rasa rindu jamaah kepada kampung halaman.

"Makanan berlebih, dan menunya juga cocok, hanya mungkin perlu menu yang selera lokal untuk tombo kangen. Tetapi itu tentu saja hanya sekunder, secara umum pelayanannya bagus," katanya.

Atas upaya maksimal yang telah dilakukan para pihak penyelenggara haji, Muhadjir mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh seluruh petugas sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji Indonesia.

Saat ini, fase pemulangan jamaah haji gelombang kedua masih terus berlangsung. Jamaah haji Indonesia sudah berada di Madinah untuk menunggu jadwal kepulangan ke Tanah Air.

Baca juga: Kemenag puji jamaah haji RI yang taat aturan dan tertib
Baca juga: Menko PMK pastikan izin pengiriman daging Dam ke Indonesia sudah siap
Baca juga: Menko PMK puji pelaksanaan haji yang alami banyak perbaikan