Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Kabupaten Kepulauan Seribu mengedukasi warga bertanam hidroponik dan tanaman obat keluarga (toga) di Pameran Flora dan Fauna (FLONA) 2024.

"Selain itu kami juga menghadirkan minuman segar khas Kepulauan Seribu yang berasal dari rumput laut hasil budidaya kami," kata Kepala Suku Dinas KPKP Kepulauan Seribu, Nurliati di Jakarta, Minggu.

Ia mengatakan pameran Flona merupakan momentum untuk mengenalkan potensi Kepulauan Seribu.

Menurut dia meskipun di lingkungan rumah tempat tinggal tidak mempunyai lahan pekarangan yang luas tapi tetap dapat menanam sayuran dengan cara hidroponik

Ia mengatakan sosialisasi ini bertujuan agar pengunjung dapat memanfaatkan lahan terbatas sehingga mereka bisa memenuhi kebutuhan sayur dalam keluarganya.

Ia menambahkan antusias pengunjung ke lokasi Kepulauan Seribu memberikan respons positif antara lain banyak yang tertarik menanyakan tempat wisata dan paket-paket liburan wisata ke Pulau Seribu.

"Namun sayangnya di stan belum menyediakan brosur paket wisata ke Pulau Seribu," kata dia

Sementara itu, seorang pengunjung stan pameran Flona Kepulauan Seribu, Samsul Arifin (42) dari Jakarta Timur mengatakan bahwa dirinya datang ke pameran Flona bersama dengan keluarga dan langsung disuguhi minuman air rumput laut serta penyuluhan tanaman hidroponik.

"Saya tertarik begitu melihat stan Kepulauan Seribu, dan saya juga tertarik untuk belajar budidaya tanaman sayuran secara hidroponik dan tanaman obat keluarga," kata dia.
Baca juga: Kepulauan Seribu tampilkan pesona Pulau Macan di Pameran Flona
Baca juga: KPU Kepulauan Seribu mulai lakukan pemutakhiran data pemilih Pilkada
Baca juga: Bupati Kepulauan Seribu minta FKUB bisa jaga kerukunan beragama