Jakarta (ANTARA) -
Stellantis secara resmi telah mengumumkan akan memperluas aplikasi e-Routes ke semua mereknya pada musim panas ini, yang di mana Citroen telah menerima aplikasi ini pada Oktober tahun lalu.

Arena Ev pada Minggu mengabarkan bahwa perluasan ini akan terjadi pada kendaraan-kendaraan elektrik lainnya seperti Peugeot, DS, Opel, dan Vauxhall. Mobil Fiat, Alfa Romeo, Jeep, dan Lancia juga akan segera mendapatkannya secara bertahap.

Aplikasi yang tersedia untuk pengguna iPhone dan juga android ini memang diberikan untuk calon konsumen yang tertarik untuk membeli kendaraan EV dari merek Stellantis tanpa sistem navigasi.

Baca juga: Stellantis kenalkan Leapmotor sebagai merek mobil listrik terjangkau

Dengan hadirnya aplikasi yang akan tertanam dalam model-model lain, akan memberikan kemudahan kepada pengemudi selama perjalanan dengan memanfaatkan CarPlay atau Android Auto untuk mengalirkan navigasi ke mobil yang mereka gunakan.

Lebih jauh lagi, aplikasi ini memiliki akses ke data kendaraan secara real-time seperti tingkat daya baterai, kapasitas baterai, dan suhu udara, serta memperhitungkannya saat merencanakan perjalanan yang diinginkan oleh pemilik.

Aplikasi ini juga memberikan saran yang tepat mengenai stasiun pengisian daya paling efisien di sepanjang rute yang akan dilalui, perencanaan yang disesuaikan berdasarkan karakteristik kendaraan, dan akan dilengkapi peringatan kamera kecepatan serta dukungan untuk instruksi suara.

Baca juga: Leapmotor akan bangun mobil listrik di pabrik Stellantis Polandia

Aplikasi ini tidak hanya akan memberikan lokasi pengisian daya terdekat, akan tetapi aplikasi ini juga akan memperingati pengendara jika melebihi kecepatan yang sudah ditentukan ketika baterai dalam kondisi mengkhawatirkan.

Aplikasi ini juga akan memberikan informasi mengenai ketersediaan colokan stasiun pengisian daya guna meminimalisasi kecemasan para pengendara elektrik. Di samping itu semua, aplikasi ini juga akan membantu para pengendara menunggu kendaraanya dengan nyaman ketika mereka mengisi daya melalui pemberitahuan daftar restoran, bar, dan hotel di dekatnya.

Baca juga: Stellantis umumkan kemudi i-Cockpit di Peugeot akan integrasi ChatGPT

e-Routes disertakan dalam paket opsional Connect Plus dari merek Stellantis, dan juga tersedia sebagai layanan mandiri bagi pelanggan yang hendak membeli kendaraan EV dari pabrikan tersebut.

Paket Connect Plus ditawarkan dengan periode uji coba penggunaan khusus yang disertakan dalam harga kendaraan. Setelah masa uji coba berakhir, layanan tersebut akan menjadi layanan berlangganan dengan tarif sebesar 40 euro selama 1 tahun atau 4 euro dalam satu bulannya.

Baca juga: Stellantis akan adopsi port pengisian daya Tesla