Jakarta (ANTARA) - Peristiwa kriminal terjadi di wilayah DKI Jakarta selama sepekan mulai dari puluhan pelamar kerja diduga menjadi korban penipuan dan penggelapan bermodus pencurian data pribadi untuk pinjaman daring (online/pinjol) hingga polisi menyelidiki sabu dalam paket yang ditemukan seorang ojek daring di Jakarta Barat. Berikut rangkumannya :

1. Puluhan pelamar kerja jadi korban pinjaman "online" di Jaktim


Sebanyak 27 orang pelamar kerja diduga menjadi korban penipuan dan penggelapan bermodus pencurian data pribadi untuk pinjaman daring (online/pinjol) oleh oknum karyawan toko penjualan telepon seluler (ponsel) di Pusat Grosir Cililitan (PGC), Jakarta Timur.
Salah satu korban, Muhammad Lutfi (31) di Mapolres Metro Jakarta Timur, Jumat, mengatakan puluhan pelamar kerja itu awalnya sejak awal Mei 2024 dijanjikan pekerjaan dengan syarat menyerahkan KTP dan ponsel bersamaan dengan surat lamaran kepada R (terlapor), selaku karyawan toko konter ponsel Wahana Store PCG, Kramat Jati.


Baca berita selengkapnya di sini

2. Jakpus libatkan tokoh untuk berantas tawuran di Johar Baru dan Menteng


Pemerintah Kota Jakarta Pusat melibatkan tokoh masyarakat, pemuda, dan agama untuk memberantas tawuran yang kian marak di wilayah Kecamatan Johar Baru dan di beberapa lokasi wilayah Menteng, Jakarta Pusat.
"Suku Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota (Kesbangpol) sudah menggelar dialog interaktif mencegah tawuran melibatkan tokoh masyarakat, pemuda, serta tokoh agama di Kecamatan Johar Baru dan Menteng. Kita harap mereka jadi agen perubahan dan pionir untuk mencegah tawuran," kata Asisten Pemerintahan Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Pusat, Denny Ramdany di Jakarta, Kamis.


Baca berita selengkapnya di sini

3. Lakukan "love scamming", seorang napi dipindah ke Lapas Nusakambangan


Direktorat Jenderal (Ditjen) Pemasyarakatan Kemenkumham RI memindahkan seorang narapidana berinisial MA ke Lapas Khusus Kelas II A Karanganyar, Nusakambangan, Jawa Tengah, karena diduga melakukan "love scamming" kepada siswi SMP di Bandung, Jawa Barat.
"Sebagai bentuk keseriusan kami, Dirjenpas langsung mengambil langkah memindahkan MA ke Lapas super maksimum security, Nusakambangan," kata Kadiv Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Tonny Nainggolan saat jumpa pers di Lapas Kelas I Cipinang, Jakarta Timur, Senin.


Baca berita selengkapnya di sini

4. Polisi selidiki sabu dalam paket di Jakarta Barat


Polisi menyelidiki satu klip sabu dalam paket yang ditemukan seorang ojek daring berinisial MR (32) di Cengkareng, Jakarta Barat pada Minggu (30/6).
"Kami dapat informasi dari pengemudi ojek online (ojol). Dia mengambil dari dekat Kampung Ambon (Cengkareng). Kita masih selidiki karena penerimanya tak jelas meski ada nomor teleponnya," kata Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Barat, AKBP Indrawienny Panjiyoga kepada wartawan di Jakarta, Rabu.

Baca berita selengkapnya di sini


5. Terlibat pungli, Dirlantas Polda Metro Jaya proses anggota ke Propam


Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah memproses sejumlah anggotanya ke Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) karena diduga terlibat pungutan liar (pungli) terhadap seorang pengendara di KM 0+700 Tol Halim arah Semanggi pada Kamis (4/7).
"Saat ini, tadi anggota sudah kami panggil, sudah kami tarik dan kami akan proses, " kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman saat ditemui di Jakarta, Jumat.


Baca berita selengkapnya di sini