Kota Bandung (ANTARA) - Ribuan warga dari berbagai daerah memadati kawasan Jalan Asia Afrika untuk menyaksikan karnaval budaya dalam rangkaian kegiatan Asia Africa Festival (AAF) yang digelar pada 6-7 Juli 2024.

Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin mengapresiasi Pemerintah Kota Bandung yang telah menyelenggarakan Asia Africa Festival pada tahun ini dengan meriah.

“Saya sangat mengapresiasi Pemkot Bandung dalam penyelenggaraan AAF 2024 ini, terlihat masyarakat sangat antusias dan semangat,” kata Bey di Bandung, Sabtu.

Bey juga menyampaikan terima kasih, khususnya kepada masyarakat Kota Bandung, wisatawan, dan para delegasi negara sahabat yang datang meski dalam guyuran hujan, acara tetap berlangsung meriah.

"Acaranya meriah. Kami rasa masyarakat menikmati acara ini. Di sini, kita mengingatkan kita bersatu dalam kebudayaan yang berbeda. Kita ingatkan lagi poin dalam Dasasila Bandung," kata dia.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Eric Mohamad Atthauriq, juga berharap momentum Asia Afrika Festival bisa memberikan daya dongkrak ekonomi di Kota Bandung.

"Ekonomi Kota Bandung pada tahun 2023 sempat mengalami perlambatan. Ini momentum untuk mendongkrak ekonomi Kota Bandung. Terutama meningkatkan daya dongkrak pelaku usaha di sekitar alun alun dan Braga," katanya.

Dia mengungkapkan, peningkatan ekonomi itu sudah terlihat oleh tingkat okupansi hotel di sekitar area Asia Afrika yang meningkat mencapai 100 persen.

"Okupansi hotel sudah penuh. Saat COVID-19 okupansi menurun. Harapannya okupansi hotel penuh termasuk para pelaku usaha yang semakin ramai. Semoga pelaku usaha mendapatkan manfaat ekonomi dari AAF ini," kata dia.

Baca juga: Pemkot Bandung : 31 delegasi negara Asia Afrika hadir di AAF 2024

Baca juga: Pemkot Bandung hiasi jalan dengan bunga kastuba sambut delegasi AAF