Medan (ANTARA) - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional Wilayah Sumatera Utara mencatat sebanyak 6.000 orang telah mendaftar sebagai volunteer atau relawan yang akan bertugas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di wilayah sempat.

"Sejak diluncurkan website Mei 2024, sudah 6.000 orang yang melakukan pendaftaran," ujar Ketua Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) PB PON Sumut Ismael Sinaga, di Medan, Sabtu.

Ismael mengatakan bahwa PB PON Sumut membutuhkan volunteer atau relawan pada PON 2024 yang terdiri dari tiga klasifikasi yakni Gren Volunteer, Blue Volunteer dan Yellow Volunteer.

"Kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara bahwa pada PON ini telah membuka kesempatan untuk ikut berperan serta sebagai volunteer," kata dia.

Ismael yang juga merupakan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Sumut ini menjelaskan volunteer tersebut merupakan bagian untuk menyukseskan ajang olahraga nasional dengan melibatkan elemen masyarakat di wilayah ini.

Baca juga: Dishub Sumut simulasi penjemputan peserta PON XXI di Bandara Kualanamu

"Kami selaku Dinas Tenaga Kerja yang ditunjuk sebagai bidang sumber daya manusia untuk mendukung event ini. Kami menargetkan sebanyak 7.000 volunteer," sebut dia

Dia menjelaskan tiga klasifikasi volunteer tersebut akan bertugas sesuai kebutuhan pada ajang olahraga nasional tersebut.

Green Volunteer, kata dia, akan tergabung dalam struktur panitia pelaksana baik sebagai event staff maupun general support atau bertugas secara langsung pada pelaksanaan ajang tersebut.

Nantinya, lanjut dia, Green Volunteer akan terlebih dahulu mendapatkan pembekalan melalui pelatihan yang telah disiapkan khusus untuk mendukung tugas mereka.

"Blue Volunteer adalah mereka yang tetap bekerja, beraktivitas sebagaimana keseharian. Mereka akan disematkan atribut Duta Sumatera Utara yang akan bekerja dalam keramahan budaya Sumut, menyapa dan melayani seluruh tamu yang hadir dalam rangka PON," jelas dia.

Sedangkan Yellow Volunteer akan terlibat untuk mendapatkan pengalaman pada ajang olahraga empat tahunan tersebut. Yellow Volunteer akan bergabung dalam gugus-gugus yang datang dari institusi, pendidikan.

"Untuk volunter green kami sudah lakukan seleksi. Nanti akan diumumkan hasilnya di website dan akan tampilkan nama nama yang lulus. Semua seleksi diumumkan secara online," ucapnya.

Lalu, lanjut dia, bagi masyarakat yang berminat menjadi volunter masih diberi kesempatan untuk mendaftar karena proses rekrutmennya berakhir hingga 31 Juli 2024.

“Ayo putera-puteri Sumut ikut berperan serta menjadi volunteer dengan mendaftar ke www.PON2024.id," ujar dia.

Baca juga: Menparekraf: PON di Karo bagian dari "sport tourism"