Kota Bandung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung menghiasi sepanjang Jalan Asia Afrika dengan bunga kastuba berwarna merah berjejer untuk menyambut para delegasi negara Asia Afrika yang akan hadir dalam ajang Asia Africa Festival (AAF) pada 6-7 Juli 2024.

Penjabat Wali Kota Bandung, Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengatakan ini merupakan upaya untuk memperindah kota serta memberikan pengalaman yang berkesan bagi delegasi, warga dan wisatawan selama AAF 2024 berlangsung.

"Kehadiran bunga kastuba di Jalan Asia Afrika semoga menjadi pemandangan yang menyenangkan dan memperindah suasana kota selama penyelenggaraan AAF," kata Bambang di Bandung, Sabtu.

Bambang mengungkapkan bunga kastuba yang berwarna-warni akan menarik perhatian dan diharapkan dapat memberikan kebahagiaan dan kedamaian bagi pengunjung yang akan meramaikan ajang tersebut.

Baca juga: Wamenlu RI: Semangat KAA penting untuk jawab berbagai tantangan global

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bandung, Rizki Kusrulyadi menuturkan, bunga kastuba merupakan salah satu identitas Kota Bandung.

Dia mengatakan upaya ini menjadi salah satu bentuk komitmen Pemkot Bandung memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung untuk ikut serta menciptakan kota yang nyaman dan indah dalam menikmati AFF 2024.

"Salah satu identitas Kota Bandung adalah bunga kastuba. Pemasangan kastuba sudah selesai tinggal ditambah dengan tanaman lain. Termasuk kita akan pasang katel kastuba di Palestine walk," kata dia.

Sebagai informasi, bunga kastuba yang dikenal sebagai Poinsettia adalah tanaman subtropis yang berasal dari Meksiko bagian selatan dan Amerika Tengah.

Nama Poinsettia diambil dari nama duta besar pertama Amerika Serikat untuk Meksiko, Joel Roberts Poinsett, yang memperkenalkan tanaman hias ini ke AS pada tahun 1825.

Baca juga: Kota Bandung gelar Asia Africa Festival pada 6-7 Juli 2024
Baca juga: Kontribusi Indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia