Jakarta (ANTARA News) - Cabang olahraga atletik mengajukan empat orang atlet junior selain empat atlet senior lainnya menuju Asian Games 2014 di Incheon, Korea Selatan.

"Kami kirim beberapa atlet junior yang kami lihat ke depannya mereka akan berprestasi," ujar Manajer Tim Atletik Indonesia untuk Asian Games Budi Darma saat dihubungi di Jakarta, Senin.

Budi mengatakan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI) memiliki kebijakan inisiatif untuk mengirim atlet junior ke Asian Games, untuk memberikan mereka pengalaman.

"Untuk kompetisi internasional, memang masih jarang, jadi kami tambah, meskipun harus menambah biaya," ujar Budi.

Dengan mengikuti banyak kejuaraan, lanjut Budi, para atlet junior juga dapat melihat bagaimana atlet luar negeri bersikap, bertanding dan berperilaku sebagai sang juara.

Sehingga, tambahnya, para atlet terpacu semangatnya untuk dapat meningkatkan prestasi dan dapat menempatkan diri dengan baik.

Budi mengatakan setelah kurang berhasil pada kejuaraan SEA Games di Myanmar beberapa waktu lalu, cabang olahraga atletik belum berani menentukan target perolehan medali pada Asian Games 2014.

"Kami belum bisa menentukan target medali, mengingat beberapa atlet senior berusia tidak muda lagi, sehingga kondisi fisiknya mulai menurun," ujar Budi.

Menurut Budi, pada pemusatan latihan nasional, para atlet akan ditekankan soal teknik, disiplin diri dan mental, yang akan siap apabila kemampuan mereka terus bertambah baik.

"Kami juga akan mengikuti try out untuk dapat menggambarkan para lawan kami. Namun idealnya diikuti setelah persiapan pertandingan selesai, minimal tiga kali," ujar Budi.

Sementara itu, Budi mengatakan bahwa beberapa lawan terberat untuk cabang olahraga atletik pada Asian Games adalah China, Jepang, Thailand, korea, Qatar dan Arab Saudi.

(S038/I007)