Tianjin (ANTARA) - "Tolong buatkan kopi untuk saya," kata seorang pengunjung kepada sebuah robot putih berpenampilan menggemaskan dalam ajang World Intelligence Expo 2024 yang sedang berlangsung di Kota Tianjin, China utara.

Robot barista itu segera merespons dengan menggerakkan lengannya untuk melakukan setiap langkah pembuatan kopi, mulai dari mengambil biji kopi, menggilingnya, lalu menyeduhnya dengan teknik perendaman (steeping). Dalam sekejap, secangkir kopi yang harum pun siap disajikan kepada para pengunjung yang tampak antusias.

Berbagai macam robot ditampilkan dalam pameran tersebut, termasuk robot humanoid, robot pemain catur, dan robot pembuat kopi. Robot-robot ini mendemonstrasikan bagaimana teknologi pintar dapat membentuk kehidupan dan pekerjaan kita di masa depan, mengundang banyak ketertarikan dan interaksi dari para pengunjung.
Seorang anak laki-laki berinteraksi dengan lengan robot di World Intelligence Expo 2024 yang diadakan di Kota Tianjin, China utara, 22 Juni 2024. (Xinhua/Li Ran)
Orang-orang menyaksikan sebuah robot yang beraksi dalam ajang World Intelligence Expo 2024 yang digelar di Kota Tianjin, China utara, pada 21 Juni 2024. (Xinhua/Zhao Zishuo)
Pengunjung menyaksikan lengan robot menulis kaligrafi China di World Intelligence Expo 2024 yang diadakan di Kota Tianjin, China utara, 22 Juni 2024. (Xinhua/Li Ran)
Seorang wanita bermain catur dengan robot di World Intelligence Expo 2024 yang diadakan di Kota Tianjin, China utara, 21 Juni 2024. (Xinhua/Sun Fanyue)
Robot humanoid dipamerkan di World Intelligence Expo 2024 yang diadakan di Kota Tianjin, China utara, 21 Juni 2024. (Xinhua/Zhao Zishuo)