Dhaka (ANTARA) - Kementerian Perikanan dan Peternakan Bangladesh memperkirakan umat muslim di seluruh negara itu mengurbankan lebih dari 10 juta ekor hewan, yang sebagian besar adalah sapi dan kambing, dalam perayaan Hari Raya Idul Adha 2024.

Dalam sebuah pernyataan pada Selasa (18/6), kementerian itu menyebutkan bahwa Idul Adha tahun ini mencatatkan total 10.408.918 ekor hewan kurban.

Menurut Kementerian Perikanan dan Peternakan Bangladesh, tahun lalu sebanyak 10,1 juta ekor hewan dikurbankan di seluruh negara itu.

Data kementerian itu menyebutkan bahwa jumlah hewan kurban tertinggi tahun ini tercatat di wilayah Dhaka, Ibu Kota Bangladesh.

Hewan-hewan kurban tersebut antara lain meliputi sapi sebanyak 4.766.859 ekor, kerbau sebanyak 112.918 ekor, kambing sebanyak 5.056.719 ekor, domba sebanyak 471.149 ekor, dan hewan lainnya sebanyak 1.273 ekor.

Idul Adha dirayakan pada hari ke-10 bulan Dzulhijjah, yang merupakan bulan ke-12 sekaligus bulan terakhir dalam kalender Islam setelah pelaksanaan ibadah haji di tanah suci. Hari raya tersebut diperingati sekitar dua bulan 10 hari setelah Idul Fitri, hari raya keagamaan besar lainnya bagi umat Muslim, yang menandai berakhirnya puasa di bulan suci Ramadan.

Usai melaksanakan ibadah salat id, umat Muslim di Bangladesh menyembelih hewan kurban, seperti domba, sapi, kambing, dan unta, dengan menyebut nama Allah SWT.

Umat Muslim yang mampu secara finansial akan berkurban dan membagikan daging kurbannya kepada keluarga dan warga yang kurang mampu.