Jakarta (ANTARA) - Jaguar Land Rover (JLR) akan menghidupkan kembali nama Freelander untuk lini mobil listrik baru di Tiongkok dan berencana mengekspornya ke seluruh dunia.

Melansir Autocar pada Rabu (19/6), model-model baru ini akan dibangun berdasarkan arsitektur yang dipasok oleh mitra usaha patungan perusahaan yaitu Chery, yang saat ini membangun Land Rover Discovery Sport, Range Rover Evoque, Jaguar E-Pace dan versi sedan XF dan XE dengan wheelbase panjang.

Kedua perusahaan telah bermitra selama 12 tahun dan kini akan memperkuat penawaran produk Chery Jaguar Land Rover (CJLR) dengan rangkaian model listrik baru yang dibuat khusus di kota Changshu di Tiongkok timur.

“Model kolaborasi baru ini sepenuhnya memanfaatkan kekuatan yang saling melengkapi dari kedua belah pihak, dengan Chery memegang posisi pasar otomotif terkemuka di Tiongkok sementara JLR memiliki warisan dan kekuatan desain yang tak tertandingi, menciptakan prospek yang saling menguntungkan di masa depan,” kata perwakilan JLR.

Baca juga: BMW, VW, dan JLR impor mobil dari tenaga kerja paksa Tiongkok

Dijual dengan merek Freelander, model-model baru ini akan terlihat terpisah dari portofolio Chery yang sudah ada dan House of Brands mewah modern JLR.

JLR masih akan meluncurkan model Land Rover listrik untuk pasar global lainnya menggunakan platform modular MLA dan EMA, dan Jaguar akan memperkenalkan lini EV mewah baru menggunakan platform JEA yang dipesan lebih dahulu.

Kendaraan listrik Freelander digambarkan dirancang dan direkayasa untuk pasar “mainstream”, dan meskipun pada awalnya akan dijual secara eksklusif di Tiongkok, JLR mengatakan bahwa kendaraan tersebut akan diekspor secara global seiring waktu, tanpa memberikan rincian lebih lanjut mengenai pasar atau jadwal yang direncanakan.

“Hari ini kami mengambil langkah strategis penting untuk JLR, yang menggarisbawahi komitmen berkelanjutan kami terhadap Tiongkok dan melengkapi bisnis kami yang sudah ada di Tiongkok,” kata CEO JLR Adrian Mardell.

Baca juga: JLR bermitra dengan NVIDIA hadirkan layanan mobilitas masa depan

“Kami percaya bahwa kerja sama untuk mengembangkan model kolaborasi baru untuk pasar kendaraan listrik terbesar dan dengan pertumbuhan tercepat di dunia, dikombinasikan dengan daya tarik merek Freelander, menjanjikan masa depan yang sangat menarik bagi CJLR,” tambahnya.

Tidak ada perusahaan yang memberikan rincian teknis apa pun, tetapi laporan yang tersebar luas di media Tiongkok mengatakan bahwa platform tersebut akan dibagikan secara khusus dengan merek premium Chery Exeed, yang berencana diluncurkan di Eropa pada tahun 2026.

Salah satunya, menurut laporan, adalah platform M3X yang dikembangkan dalam kemitraan dengan Magna International. Struktur ini digunakan oleh SUV Exeed RX dan Chery Fulwin T10, yang dapat mengakomodasi powertrain hybrid pembakaran murni dan plug-in, namun diperkirakan mobil Freelander hanya akan menawarkan yang terakhir.

Drivetrain PHEV 'Super Hybrid' terbaru dari Chery menggabungkan mesin bensin dengan sepasang motor listrik di gearbox, sebuah pengaturan yang disebut Chery sebagai yang pertama di dunia dengan baterai berkapasitas besar yang memasok kisaran EV saja hingga 99 mil.

Baca juga: JLR dan Nvidia kolaborasi kembangkan perangkat lunak kendaraan

Arsitektur lainnya dikenal sebagai E0X dan dirancang untuk drivetrain bertenaga baterai dan range-extender, dengan arsitektur pengisian daya 800V dan opsi penggerak depan, belakang, dan empat roda.

Kedua arsitektur tersebut memiliki wheelbase variabel dan dapat digunakan untuk model crossover dan model low-slung, namun JLR belum mengonfirmasi apakah Freelander akan tetap menjadi merek khusus SUV.

Teknologi range-extender (REx) Chery kemungkinan besar akan sangat menarik bagi JLR, mengingat popularitas format tersebut yang melonjak di Tiongkok.

Dari Januari hingga September tahun lalu, penjualan mobil REx – yang dikenal sebagai extended-range EVs (EREVs) – melonjak sebesar 157 persen menjadi 400,000 unit.

Baca juga: Jaguar Land Rover dapat pinjaman Rp9,6 triliun untuk kendaraan listrik

PHEV konvensional tetap lebih populer, namun penjualan REx tumbuh lebih cepat, sebagian karena pembeli dapat memanfaatkan banyak insentif yang sama seperti pemilik EV murni, sambil tetap mempertahankan mesin pembakaran untuk jarak tempuh yang lebih jauh.

JLR adalah salah satu dari beberapa pabrikan mobil Barat yang berupaya memperkuat pijakan mereka di Tiongkok dengan bekerja sama dengan pabrikan lokal dan menggunakan platform kendaraan khusus Tiongkok.

Volkswagen misalnya, akan meluncurkan sepasang kendaraan listrik ukuran menengah di Tiongkok menggunakan platform Xpeng pada tahun 2026, dan merek saudaranya Audi telah setuju untuk menggunakan arsitektur dari merek premium SAIC IM Motors untuk rangkaian kendaraan listrik Tiongkok miliknya sendiri.

Land Rover Freelander asli, crossover yang berfokus pada keluarga digantikan pada tahun 2016 oleh Discovery Sport dan nama tersebut tidak lagi digunakan sejak saat itu.

Pada tahun 2020, Autocar menghidupkan kembali nama Freelander untuk merek EV hipotetisnya sendiri yang akan menggunakan platform Jaguar I-Pace untuk berbagai crossover mainstream yang ditujukan terutama untuk Tiongkok.

Baca juga: JLM Auto buka diler resmi dan service center pertama Jaguar Land Rover