Jakarta (ANTARA News) - Kepala Penanggungjawab Pintu Air Manggarai Adie Widodo mengatakan ketinggian air di pintu air ini diperkirakan stabil hingga 12 jam ke depan karena ketinggian air di Bendung Katulampa juga stabil dari pukul 9 pagi hingga 12 siang yakni 80 sentimeter atau siaga III.

Status Pintu Air Manggarai pada pukul 13.00 WIB tadi adalah Siaga III dengan ketinggian air 815 cm atau turun 10 cm dari sebelumnya 825 cm pukul 9 Jumat pagi tadi.

"Pertama, airnya mengalir terus secara konstan jadi tidak ada kenaikan yang signifikan. Kedua, tidak ada hujan yang benar-benar mengguyur," kata Adie kepada ANTARA News hari ini.

Adie berharap keadaan ini terus stabil, namun bisa saja berubah jika hujan turun kembali. "Kalau soal hujan kita hanya bisa berdoa, semoga malam ini turun ke Siaga Empat, biar semua tenang," katanya.

"Tapi kalau hujan lagi saya perkirakan air akan naik dengan cepat. Masalahnya tanah sudah begitu basah dan tidak mampu menyerap air. Jadi air tidak terserap dan mengalir ke Jakarta," pungkas Adie.

Satu posting dari akun Twitter Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menunjukkan sebagian pintu air lainnya terpantau normal atau Siaga 4 pukul 12 Jumat siang.

Katulampa 80 cm (Siaga 3), Depok 185 cm (Siaga 4), Karet 540 cm (Siaga II), Pesanggarahan 95 cm (Siaga 4), Waduk Pluit -120 cm, Cipinang Hulu 115 ccm (Siaga 4), Sunter Hulu 60 cm (Siaga 4) dan Pulogadung 440 cm (Siaga 4).