Jakarta (ANTARA News) - Pihak Polda Metro Jaya mengusulkan pembuatan kantong parkir khusus angkutan truk dan kontainer di sekitar Pelabuhan Merak Banten dan Cikampek Jawa Barat guna mengurangi kemacetan.

"Kami usulkan kantong parkir di Pelabuhan Merak dan Cikampek untuk truk yang menuju Pelabuhan Tanjung Priok," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi R Nurhadi Yuwono di Jakarta, Jumat.

Selain membuat kantong parkir, Nurhadi menuturkan petugas kepolisian juga akan memantau arus lalu lintas di tol dengan bantuan kamera tersembunyi.

Sehingga petugas kepolisian dapat mengatur jadwal pemberangkatan kendaraan truk dan kontainer berdasarkan pemantauan lewat kamera tersembunyi tersebut.

Nurhadi mengatakan angkutan truk dan kontainer merupakan salah satu penyebab kemacetan pada jam sibuk di wilayah Jakarta.

Nurhadi meyakini usulan kantong parkir akan mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas di wilayah Jakarta. Selain mengurangi kemacetan, Nurhadi berpendapat kantong parkir diperkirakan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Nurhadi menuturkan kebijakan kantong parkir tidak berlaku bagi truk yang mengangkut bahan bakar minyak (BBM) dan kebutuhan bahan pokok. Polda Metro Jaya akan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi Pemerintah Kota Karawang dan pemangku jabatan lainnya.