Jakarta (ANTARA News) - Kawasan silang barat daya Monumen Nasional, Gambir, Jakarta Pusat adalah kawasan paling ramai saat hari libur, Minggu.


Keramaian itu tak pelak dimanfaatkan para pedagang asongan yang memadati sepanjang jalan penghubung antara Tugu Monas dengan air mancur dekat Patung Kuda, Thamrin.




Kepadatan di Silang Monas pun melonjak dibanding hari biasa. Dari pengamatan ANTARA News, pengunjung Monas yang berdatangan pada petang harus sesekali berdesakan di silang barat daya, menuju Tugu Monas.




Para pengunjung beralasan, lokasi ini adalah tempat paling mudah diakses mereka berdekatan dengan lokasi parkir Monas.

Pengunjung harus berdesakan di kawasan tersebut karena ramainya pengunjung lain dan berjubelnya pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya.




"Jalan-jalan aja. Mumpung anak saya lagi libur," kata Yuni (35 tahun) asal Cipete, Jakarta, yang membawa anaknya kelas 3 SD ke Monas untuk bersantai.




Sedangkan Alan (37 tahun) asal Mangga Dua, Jakarta mengajak anaknya bermain layangan karena Monas memiliki ruang terbuka hijau cukup luas.



"Kebetulan kalau di sini ada tempat yang luas dan anginnya kencang sehingga bisa buat bermain layangan dengan mudah, enggak seperti di kampung saya," katanya.