Hanoi (ANTARA News) - Rakyat Vietnam memberikan penghormatan terakhir untuk almarhum jenderal legendaris Vo Nguyen Giap dalam pemakaman kenegaraan yang diadakan di seluruh negeri dari 12-13 Oktober.

Puluhan ribu orang, termasuk para pejabat tinggi Vietnam, telah berkumpul di rumah pemakaman nasional di Hanoi pada Sabtu untuk mengucapkan selamat tinggal kepada Jenderal Giap, panglima tentara Vietnam selama perang melawan penjajah Prancis dan imperialis Amerika.

Sementara itu, pemakaman kenegaraan untuk Jenderal Giap juga digelar di kota kelahirannya di provinsi tengah Quang Binh, selatan Ho Chi Minh dan banyak tempat lainnya di Vietnam.

Menurut Xinhua, setelah upacara peringatan pada Minggu pagi, peti jenazah Jenderal Giap akan diangkut dengan pesawat ke provinsi Quang Binh di mana mendiang jenderal itu akan beristirahat dalam damai.

Sejak Jenderal Giap meninggal, jutaan orang berkumpul di kediamannya di 30 Hoang Dieu Street Hanoi untuk memberikan penghormatan kepadanya.

Jenderal Vo Nguyen Giap meninggal pada 4 Oktober pada usia 102 tahun setelah tinggal di rumah sakit di Hanoi selama 1.559 hari.

Penerjemah: Askan Krisna