London (ANTARA News) - Memberikan kepercayaan posisi kiper kepada Joe Hart saat Manchester City meraih kemenangan atas Everton di Liga Utama Inggris Sabtu bukan merupakan keputusan mudah, kata pelatih Manuel Pellegrini pada Sabtu.

Pellegrini mempertahankan Hart sebagai kiper utamanya meski terdapat keraguan perihal tempat pemain internasional Inggris itu menyusul dua kesalahan fatal saat City kalah 1-3 dari Bayern Munich pada tengah pekan di Liga Champions.

"Bukan keputusan sederhana untuk mempertahankan Joe Hart di tim (inti) namun saya tahu ia memerlukan semua kepercayaan dari kami - kepercayaan saya, para pemain, dan para penggemar," kata Pellegrini di situs resmi City (www.mcfc.co.uk.)

"Saya berbicara banyak dengan dia setelah pertandingan melawan Bayern. Tentu saja ia merasa tidak tampil baik pada pertandingan terakhir namun hari ini ia memperlihatkan karakter kuatnya."

Pelatih timnas Inggris Roy Hodgson, yang berada di Stadion Etihad untuk menyaksikan kemenangan 3-1 City, telah memberi indikasi bahwa Hart akan tetap menjaga gawang Inggris pada dua pertandingan kualifikasi Piala Dunia berikutnya pada bulan ini, melawan Montenegro dan Polandia.

"Rabu silam memiliki konsekuensi mental dan fisik, maka saya sangat senang dengan karakter yang kami perlihatkan hari ini," kata Pellegrini.

Ia menambahi kepada BBC, "Kami benar-benar memerlukan kemenangan ini karena pada awal pertandingan kami tertinggal lima angka dari Arsenal dan penting untuk terus meraih kemenangan di kandang sendiri."

"Menyamakan kedudukan secepat mungkin merupakan hal penting, namun yang lebih penting adalah karakter tim, bermain melawan Everton - satu-satunya tim yang belum terkalahkan di liga. Setelah kekalahan pada Rabu penting bagi saya untuk melihat reaksi para pemain setelah kekalahan itu."

Satu kekhawatiran City adalah keluarnya kapten Vincent Kompany, yang ditarik keluar lapangan pada menit ke-33 setelah baru kembali dari cedera pangkal paha pada September.

Namun Pellegrini mengatakan klub akan menunggu sampai Minggu untuk menilai seberapa parah masalah Kompany, demikian Reuters.

(H-RF)