Jakarta (ANTARA News) - Gubernur dan walikota seluruh negara anggota Perhimpunan Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) bertemu di Jakarta pada Rabu dalam rangka mencurahkan iuran pemerintah masing-masing dalam mendukung pembentukan Masyarakat ASEAN 2015.

Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN bidang Hubungan Masyarakat dan Lembaga, AKP Mochtan, dalam sambutannya mengatakan tema pertemuan dengan peserta lebih dari 100 gubernur dan walikota itu adalah "Membumikan ASEAN".

"Tema tersebut mengingatkan kita bahwa cita-cita Komunitas ASEAN bukan hanya menghubungkan perdagangan, investasi dan jasa di antara negara anggota, tetapi perlu disadari bahwa tujuan terpentingnya adalah menciptakan masyarakat berorientasi ASEAN di segala sektor, yang dapat berpartisipasi dan mendapat keuntungan dari proses integrasi ASEAN dan pembangunan komunitas," kata Mochtan seperti dikutip Sekretariat ASEAN, di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo, yang menjadi tuan rumah pertemuan tersebut menyambut gubernur dan walikota yang hadir untuk memberikan kontribusinya guna mencapai keberhasilan pasar tunggal ASEAN serta keadaan "sama untung" bagi seluruh kota dan warga ASEAN.

"Kita perlu memahami lebih jauh lagi apa yang akan kita hadapi dan bagaimana kita menyiapkan masyarakat di kota kita masing-masing menjelang Komunitas Ekonomi ASEAN," kata pria yang disapa Jokowi itu.

Sementara itu Wakil Menteri Luar Negeri, Wardana, mengatakan bahwa inilah saatnya bagi pemerintah lokal untuk membuka jaringan kerja sama, berbagi pengalaman dan saling membantu dalam persiapan kota masing-masing menjelang Komunitas ASEAN 2015.

"Komunitas ASEAN hanya dapat terealisasi dengan partisipasi yang luas dari seluruh pemangku kepentingan, dalam hal ini pemerintah lokal di ASEAN merupakan elemen penting untuk mempromosikan kesadaran dan rasa memiliki di antara warga ASEAN," kata Wamenlu Wardhana.

Pertemuan yang berlangsung selama dua hari tersebut akan menjadi tempat untuk berbagi pengalaman tentang peran pemerintah lokal dalam pembentukan Komunitas ASEAN 2015, selain juga dapat digunakan sebagai ajang untuk meneliti kemungkinan pembentukan sebuah forum pemerintah lokal sebagai sub-badan di ASEAN.

Para peserta yang hadir juga akan melakukan kunjungan ke ASEAN Sekretariat di Jakarta.
(P012)