Jakarta (ANTARA News) - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Selasa berada dalam area positif, dibuka naik 34,89 poin atau 0,83 persen ke posisi 4.226,14.

Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 8,87 poin (1,27 persen) ke level 709,73.

"Mayoritas bursa Asia, termasuk indeks BEI dibuka menguat pagi ini, memfaktorkan penguatan bursa AS tadi malam dan antisipasi pasar terhadap data produksi industri dan penjualan ritel China bulan Agustus," kata analis Samuel Sekuritas, Benedictus Agung.

Selain itu, lanjut dia, perkiraan bahwa Amerika Serikat tidak akan melakukan operasi militer ke Suriah menambah ketenangan di pasar keuangan global.

Sementara menurut Tim Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, peningkatan cadangan devisa dan mulai turunnya angka inflasi membawa sentimen positif bagi pergerakan indeks BEI.

Investor, menurut Mandiri Sekuritas, juga sedang menantikan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia yang sedianya akan berlangsung pada Kamis (12/9).

Mandiri Sekuritas memperkirakan, IHSG masih akan menguat ke level 4.260 poin dan hari ini IHSG akan bergerak pada kisaran 4.132--4.220 poin.

Benedictus memperkirakan beberapa sektor saham di dalam negeri kembali menguat dan menjadi pendorong indeks BEI pada Selasa ini seperti perbankan, semen, konstruksi.