Tallinn (ANTARA News) - Gol penalti Robin van Persie pada fase akhir pertandingan menyelamatkan Belanda dari kekalahan memalukan saat mereka bermain imbang 2-2 di Estonia, untuk menjaga laju tidak terkalahkan mereka di kualifikasi Piala Dunia di Tallinn pada Jumat (Sabtu WIB).

Tendangan penalti itu memberikan pukulan bagi Estonia, yang hanya terpisah beberapa menit dari kemenangan yang patut dikenang setelah Konstantin Vassiljev mencetak dua gol bagi tim tuan rumah, lapor Reuters.

Mereka harus bangkit dari tertinggal satu gol di 60 detik pembuka ketika gol Arjen Robben membuka peluang terciptanya hasil berat sebelah untuk pemuncak klasemen Grup D.

Belanda kehilangan angka-angka untuk pertama kalinya di putaran kualifikasi setelah meraih enam kesuksesan berturut-turut namun masih unggul enam angka atas tim peringkat kedua Rumania, yang mengoleksi 13 angka, di klasemen grup. Estonia tetap menduduki peringkat kedua dari bawah dengan tujuh angka.

Penampilan dan hasil pertandingan ini merupakan hal yang memalukan bagi tim yang menjadi runner up Piala Dunia terakhir.

"Kami tahu kami lebih baik, maka ini menjadi malam yang membuat frustrasi. Kami harus merenungi sendiri jika kami unggul pada menit dan kemudian meninggalkan lapangan dengan skor 2-2," kata Robben kepada radio Belanda NOS setelah pertandingan.

Robben membawa timnya unggul cepat melalui sepakan kaki kiri dari tepi kotak penalti setelah mendapat umpan dari Van Persie.

Mereka semestinya memperbesar keunggulan sebelum secara tiba-tiba tembakan Vassiljev dari luar kotak penalti melewati kiper Michael Vorm.

Penyerang yang bermain di Rusia itu mendapat sambutan hangat dari sebagian kecil penonton saat ia mencetak gol kedua di menit ke-57, namun kegembiraan mereka tidak terhapus pada menit ke-90 ketika Raio Piiroja melakukan pelanggaran yang membuat dirinya diusir keluar lapangan. Pelanggaran itu pula yang membuat Van Persie dapat mencetak gol penyama kedudukan di masa tambahan waktu.

Belanda mendapat dua peluang untuk meraih kemenangan pada menit ketujuh masa tambahan waktu, namun mereka menyiakan-nyiakan peluang yang dimiliki Wesley Sneijder dan Robben, yang akibat kartu kuning yang didapatnya di fase akhir pertandingan ini membuat dirinya dipastikan absen pada pertandingan Selasa di Andorra.





Penerjemah: A Rauf Andar Adipati