Jakarta (ANTARA News) - Dua operator Negeri Tirai Bambu, China Unicom Hong Kong Ltd dan China Telecom Corp, akan memasarkan model iPhone terbaru yang akan mereka luncurkan pekan depan di Beijing.

Raksasa teknologi Amerika Serikat Apple mencoba meraih kembali pangsa di pasar terbesar keduanya dengan merilis iPhone terbaru secepatnya.

Apple mengatakan awal pekan ini bahwa mereka akan menggelar sebuah acara di Beijing pada 11 September, pada hari setelah perusahaan itu diperkirakan akan mengenalkan iPhone terbaru di Amerika Serikat, menurut Reuters dalam laporannya, Jumat.

Acara 11 September adalah pertama kali Apple akan meluncurkan produk di China dalam waktu hampir bersamaan dengan peluncuran di Amerika Serikat, menggarisbawahi pentingnya pasar smartphone China, terbesar di dunia.

"Dulu perlu menunggu beberapa bulan sebelum Apple meluncurkan produk terbarunya di China, namun sekarang, China pasar yang begitu penting bagi Apple dan sehingga akan menjadi pasar pertama untuk memulai penjualan iPhone low dan high-end pekan depan," kata sumber di salah satu operator telekomunikasi China itu yang menolak disebut namanya karena tidak berwenang berbicara dengan media.

Versi high-end akan dinamai iPhone 5S dan versi low-end-nya adalah iPhone 5C.

China Unicom dan China Telecom, operator terbesar kedua dan ketiga di China daratan dengan jumlah pelanggan digabungkan 266 juta, telah menjadi operator mitra Apple di China, pasar ponsel terbesar dunia dengan jumlah pengguna lebih dari 1 miliar.

Sementara China Mobile Ltd merupakan satu-satunya operator tanpa kontrak iPhone, meskipun rumornya di pasar bahwa Apple dan China Mobile akan segera mencapai kesepakatan.

Model high-end iPhone 5S mungkin mendukung teknologi 4G yang disebut TD-LTE, yang bisa membuka jalan untuk sebuah kesepakatan dengan China Mobile, operator yang memiliki lebih dari dua kali lipatnya pelanggan China Unicom dan China Telecom yang digabungkan.

Beberapa hari setelah peluncuran di Beijing, dua operator China itu akan menerima pra-order. iPhone baru akan dikirimkan sekitar satu minggu kemudian kepada pemesan, kata sumber itu.

Berita tentang debut iPhone telah bocor dan dibahas di Weibo microblog milik Sina Corp, ketika iklan pra-order muncul di halaman verifikasi China Telecom di Beijing.

Posting itu dengan cepat dicabut meskipun katanya sudah menyebar di kalangan blogger, dimana banyak dari mereka mempublikasikan screenshot iklan.

Selama beberapa kuartal terakhir, pangsa pasar Apple di China menyusut karena persaingan yang ketat dengan Samsung Electronics dan pemain domestik yang menjual ponsel dengan harga lebih murah dari iPhone.

Pangsa pasar kuartal kedua Apple merosot menjadi 5 persen dan menduduki peringkat tujuh membuntuti Samsung, Lenovo Group Ltd, Huawei Technologies Co Ltd, dan Xiaomi, menurut perusahaan riset Canalys.

iPhone Apple meraih pangsa pasar 8 persen, menjadikannya vendor nomor 5 pada kuartal pertama, kata Canalys sebagaimana dilaporkan Reuters.