Garut (ANTARA News) - Polisi Resor Garut mengamankan 115 warga negara Myanmar, Bangladesh, dan Afrika di sebuah vila Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Minggu.

Kepala Satuan Reskrim, Polres Garut, AKP Dadang Garnadi mengatakan para warga negara asing itu ditangkap setelah aparat menerima informasi dari masyarakat tentang sejumlah warga asing di vila Kampung Genteng, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Banjarwangi.

"Diduga kuat mereka akan menyeberang ke Negara Australia melalui kawasan pantai di Garut selatan," kata Dadang Garnadi.

Selain mengamankan imigran gelap, kata Dadang, pihaknya mengamankan dua orang wanita warga negara Indonesia asal Cilacap dan Semarang, Jawa Tengah yang merupakan istri dari dua warga negara asing.

Berdasarkan keterangan warga negara Indonesia tersebut, kata Dadang, rombongan itu berangkat dari Bogor, Jumat malam menggunakan kendaraan mini bus.

"Kami masih menyelidiki untuk mengetahui siapa yang membawa rombongan imigran ini," jelas Dadang.

Kedatangan imigran gelap ke wilayah Garut merupakan kesekian kalinya yang berhasil diamankan polisi dalam kurun waktu selama tahun 2013.

"Pantai Garut Selatan ini memang sering dijadikan tempat transit para imigran gelap yang mau ke Australia," kata Dadang.