Jakarta (ANTARA News) - Suasana arus balik pada hari Senin atau H+3 Lebaran di Terminal Bus Antar Kota dan Antar Provinsi (AKAP) Pulogadung, Jakarta Timur, menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan.

Berdasarkan pantauan Antara di lapangan, hingga pukul 13.30 WIB, bus dari luar kota yang memasuki terminal kedatangan mulai beragam. Kalau dua hari sebelumnya masih didominasi bus dari Jawa Barat, kini sudah mulai berdatangan bus dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

"Arus balik mulai ramai sejak kemarin, Minggu (11/8) malam. Hari ini, diperkirakan arus balik masih akan terus meningkat. Bus-bus dari pulau Jawa masih terus ramai berdatangan," kata Pelaksana Harian (Plh) Kepala Terminal Bus AKAP Pulogadung Adji Kusambarto, di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, Senin.

Menurut Adji, terjadinya peningkatan arus balik di Terminal Pulogadung sejak kemarin itu disebabkan sebagian besar warga sudah mulai kembali bekerja pada hari ini.

"Hari ini, para Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah mulai kembali bekerja, begitu pun juga pekerja-pekerja lainnya. Maka dari itu, arus balik meningkat signifikan tadi malam," ujar Adji.

Selain jumlah bus datang yang meningkat, Adji menuturkan jumlah pemudik yang tiba di terminal tersebut juga melonjak.

"Sejak semalam, bus yang datang selalu terisi penuh, tidak ada bangku kosong. Ini tentu akan berdampak pada peningkatan jumlah pemudik yang datang ke Jakarta," ungkap Adji.

Adji memperkirakan arus balik di terminal itu masih akan ramai, bahkan meningkat signifikan pada malam atau dini hari nanti. Karena, seperti diketahui, arus balik menuju Jakarta mengalami kemacetan di beberapa titik pada siang ini.

"Karena adanya kemacetan di beberapa titik di sepanjang jalur mudik, khususnya yang menuju di Jakarta, maka diperkirakan bus-bus akan ramai tiba pada malam hari atau dini hari nanti," tambah Adji.

Total bus yang tiba di Terminal Pulogadung pada H+1 Lebaran atau Sabtu (10/8) adalah sebanyak 172 dengan jumlah penumpang 4.125 orang.

Sedangkan, pada H+2 atau Minggu (11/8) kemarin adalah sebanyak 222 bus dengan total penumpang 8.017 orang.

(R027)