Pangkalpinang, Bangka Belitung (ANTARA News) - Wali Kota Pangkalpinang, Zulkarnain Karim, mengatakan, Hari Raya Idul Fitri 1434 Hijriah atau Lebaran merupakan momentum introspeksi diri bagi para pejabat untuk meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat.

Ia mengatakan, di Pangkalpinang, Kamis, "Para pejabat pemerintahan dan juga masyarakat diharapkan mengintrospeksi diri untuk mengingkatkan rasa nasionalisme dan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memperkokoh persatuan bangsa."

Menurut dia, terbentuknya persatuan yang kokoh berlandaskan keimanan tentu akan mempercepat pembangunan daerah, serta masyarakat yang adil dan sejahtera.

"Saya katakan, kalau para pejabat memiliki semangat nasionalisme dan keimanan kuat tentu tidak akan ada lagi korupsi, kolusi dan nepotisme yang memiskinkan masyarakat," ujarnya.

Demikian juga masyarakat yang memiliki keimanan yang kuat tentu akan berfikir dan menganalisa kebijakan-kebijakan pemerintah dalam membangun daerah dalam upaya meningkatkan kesejahteraan.

"Saat ini keimanan masyarakat mulai menurun serta emosional apabila ada kebijakan-kebijakan pemerintah dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan," ujarnya.

Menurut dia, sikap emosional masyarakat tersebut tentu akan menghambat program kerja pemerintah dalam meningkatkan pendapatan masyarakat, mengurangi kemiskinan, penganguran dan menciptakan lapangan kerja.

"Masyarakat mudah terpengaruh dengan isu-isu yang tidak jelas dan mudah melakukan tindak anarkis yang pada akhirnya merugikan masyarakat itu sendiri," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, para pejabat daerah dan masyarakat harus dapat meningkatkan semangat nasionalisme, moralitas dan keimanan sehingga tidak ada lagi fitnah yang mengurangi kepercayaan masyarakat terhadap kebijakan pemerintah.

"Kunci utama menciptakan pejabat yang jujur, berakhlak dan bertanggung jawab adalah mempertebal keimanan sehingga kepercayaan masyarakat kepada pemerintah dalam membangun daerah semakin tinggi," ujarnya.