Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada warga yang pulang ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri 1434 Hijriyah agar menitipkan pengawasan rumah kepada tetangga.

"Warga yang pulang kampung atau mudik saat Lebaran, sebaiknya menitipkan pengawasan rumah kepada tetangga yang tidak mudik. Lalu, titipkan juga kepada Ketua RT dan penjaga keamanan setempat," kata Jokowi di Jakarta, Rabu.

Jokowi juga berpesan kepada seluruh warga agar melakukan pengecekan rumah secara teliti dan menyeluruh sebelum berangkat menuju kampung halaman.

"Harus hati-hati sebelum meninggalkan rumah. Pastikan semua aliran listrik dan peralatan listrik dalam keadaan mati. Jangan lupa, cek juga pintu dan jendela, kunci semuanya rapat-rapat," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, tindakan pengecekan keseluruhan tersebut masih sering dilupakan warga sebelum berangkat mudik, sehingga berdampak merugikan bagi pemudik.

"Padahal sebetulnya pengecekan keseluruhan ini wajib dilakukan sebelum mudik. Kalau tidak dicek, nanti bisa terjadi kebakaran, perampokan dan lain-lain. Saat kita pulang, harta kita sudah tidak ada. Tentu kita tidak mau ini terjadi," tutur Jokowi.

Jokowi juga telah mengintruksikan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar PB) DKI untuk terus siaga selama Lebaran dan musim mudik berlangsung.

"Saya sudah instruksikan Dinas Damkar untuk siaga 24 jam menjaga keamanan pemukiman warga sekaligus mengantisipasi terjadinya kasus kebakaran selama warga mudik ke kampung halaman," ungkap Jokowi.