Jakarta (ANTARA News) - Jumlah pemudik tujuan Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, dan Sumatera di Terminal Kalideres, Jakarta Barat, melonjak pada Minggu atau H-4 Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Hingga pukul 13.00 WIB, jumlah penumpang berangkat dari Terminal Kalideres sebanyak 2.663 orang dengan 184 bus. Sedangkan jumlah penumpang datang sebanyak 885 orang dengan 162 bus," kata Kepala Terminal Bus Antarkota Kalideres, Hengki Sitorus, kepada ANTARA di Jakarta, Minggu.

Hengki mengatakan pada Sabtu (3/8) atau H-5, jumlah penumpang di Terminal Kalideres sebanyak 11.878 orang atau mengalami peningkatan 74,65 persen dibanding jumlah penumpang pada H-5 pada 2012.

Sementara, jumlah bus pada H-5 mudik lebaran 2013 sebanyak 606 bus atau naik 18,59 persen dibanding jumlah bus pada H-5 mudik lebaran 2012.

Hengki mengatakan petugas penguji kendaraan bermotor laik jalan Terminal Kalideres, pada Sabtu, menemukan lima armada bus yang kurang laik jalan.

"Tapi itu hanya bagian kaca saja yang kurang rapat. Setelah diperbaiki mereka diizinkan berangkat," kata Hengki.

Arus lalulintas menuju dan keluar Terminal Kalideres pada Minggu sore cenderung padat akibat peningkatan jumlah bus yang akan keluar ataupun masuk terminal.

Kepadatan juga disebabkan jumlah kendaraan pribadi seperti motor dan mobil pengantar para pemudik, angkutan kota, bus kota, dan Transjakarta.

Meski para petugas Dinas Perhubungan DKI yang dibantu aparat Kepolisian Daerah Metro Jaya terus mengatur arus lalu-lintas keluar masuk terminal, motor dan mobil pengantar pemudik terparkir di dalam terminal menjadi penghambat jalur keluar-masuk bus.

(T.I026)