Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR Sarifuddin Sudding meminta Wakil Kepala Kepolisian RI yang baru dilantik, Komjen Pol Oegroseno menggantikan Komjen Pol (purn) Nanan Sukarna agar fokus kepada internal dan SDM Polri.

"Banyak pekerjaan rumah seperti kedisiplinan, kesolidan antar unit dan divisi, juga peningkatan kualitas serta penambahan personel," kata Sudding di Jakarta, Sabtu.

Ketua Fraksi Partai Hanura itu meyakini, pengalaman dan kapasitas Oegroseno mampu membenahi lingkar dalam Polri.

"Pengalaman lapangan sebagai Kapolda Sumatera Utara dan Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan menjadi bekal utama. Soal masa kerja yang kurang dari setahun, justru harus bisa membuatnya fokus bekerja," ujar Sudding.

Dia mengatakan, salah satu pekerjaan yang harus menjadi konsentrasi dia adalah kedisiplinan dan kepatuhan personel keepada atasan, terutama personel muda.

"Kasus-kasus gesekan dengan anggota militer dan malah antar anggota Polri sendiri misalnya Sabhara dan Brimob Polda Jateng kemarin menunjukkan pembinaan harus menjadi prioritas pembenahan SDM Polri," terang dia.

Wakapolri juga harus membenahi sistem pengelolaan proyek pengadaan di internal kepolisian menjadi lebih transparan lagi agar kasus simulator SIM tidak terulang kembali. "Karena ada anggapan di publik bahwa para pengusaha yang itu-itu saja yang mendapat dan melaksanakan proyek di kepolisian," tegasnya.

Oegroseno dilantik Kapolri Jenderal Timur Pradopo kemarin di Mabes Polri.