Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengingatkan para pemudik Natal dan Tahun Baru 2024, khususnya para pekerja agar kembali ke kota tepat waktu guna bisa kembali bekerja, usai berlibur atau pulang ke kampung halaman.

Demikian disampaikan Wapres dalam keterangannya usai meresmikan masjid di tempat peristirahatan KM 66A Pandaan-Malang, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat, sebagaimana disaksikan melalui tayangan video di Jakarta.

"Yang mudik kalau sudah waktunya kembali, yang bekerja (cepat) kembali, jangan keenakan di kampungnya, keterusan sehingga dia tidak tepat waktu pulang (kembali ke kota tempat bekerja)," kata Wapres.

Wapres mengatakan pemerintah sudah memberikan cukup waktu bagi masyarakat untuk pulang ke kampung halaman baik saat Natal maupun tahun baru.

Baca juga: Wapres harapkan masjid di "rest area" jadi tempat pembinaan agama

Baca juga: Wapres: Jangan sampai terjadi permusuhan meski berbeda pilihan capres


"Saya kira itu sudah cukup supaya segera kembali, setelah beristirahat selama libur," kata Wapres.

Wapres juga mengingatkan para pemudik, khususnya pengguna kendaraan pribadi, agar berhati-hati selama di perjalanan, dengan cara beristirahat memanfaatkan tempat peristirahatan yang tersedia.

"Saya ingatkan supaya hati-hati di jalan, karena biasa terjadi kecelakaan karena lupa, kemudian juga enak (berkendara), mengantuk, kemudian ingin cepat sampai. Saya ingatkan supaya berjalan (kecepatan berkendara) sewajarnya saja, jangan sampai ngantuk, kalau perlu istirahat di tempat istirahat, shalat dulu (bagi Muslim) jangan lupa sekarang ada masjid di semua rest area," katanya.

Ia juga mengingatkan para pengguna kendaraan pribadi agar mengecek kesiapan kendaraan agar tidak bermasalah saat digunakan untuk mudik ke kampung halaman atau berlibur.*

Baca juga: Wapres ke Jatim pagi ini, sambangi tokoh agama hingga resmikan masjid

Baca juga: Wapres: Kasih sayang ibu tentukan kualitas generasi masa depan