Jakarta (ANTARA News) - Maskapai Lion Air menginformasikan beberapa hal kepada pengguna jasa terkait pengalihan operasionalisasi secara penuh dari Bandara Polonia Medan ke Bandara Internasional Kualanamu mulai 25 Juli 2013 mendatang.

Rilis Lion Air yang diterima di Jakarta, Ahad malam menyebutkan, informasi yang perlu diketahui pengguna layanan jasa penerbangan antara lain jarak atau rute dari inti kota Medan ke Bandara Kualanamu adalah sekitar 39 kilometer dengan waktu temput antara 60-90 menit dengan kendaraan dan sekitar 30-35 menit dengan kereta api.

Selain itu, terdapat tiga titik pemberangkatan dengan bus dari Medan menuju Bandara Kualanamu yaitu rute Amplas-Bandara Kualanamu, rute Medan Fair (Carrefour) - Bandara Kualanamu, dan rute Binjai-Bandara Kualanamu.

Sedangkan kereta api beroperasi dari stasiun besar Medan menuju Bandara Kualanamu.

Untuk taksi yang berooperasi ke Bandara Kualanamu antara lain Blue Bird, Express, Karsa, Nice, Puskopau, dan Kokapura.

Mengingat jarak Bandara Kualanamu yang cukup jauh, Lion Air mengimbau kepada calon penumpang untuk berangkat lebih awal dari biasanya.

Hal itu agar penumpang tidak terlambat maupun terlewat penerbangannya, mengingat antara lain akses menuju bandara yang belum selesai dengan sempurna.

Selain itu, masih sedikit rambu-rambu informasi jalan bagi pengendara menuju Bandara Kualanamu, serta masih terbatasnya moda transportasi kendaraan umum.

Perkiraan titik kemacetan antara lain di sekitar pintu keluar tol Tanjung Morawa - simpang Jalan Kayu Besar, dan adanya penyempitan jalan (dua menjadi satu lajur) di beberapa titik.

Pihak Lion Air berharap agar informasi yang telah disebarkan dapat bermanfaat dan memohon maaf bila terjadi ketidaknyamanan yang dialami calon penumpang.