Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Taslim Chaniago menilai sikap arogan Front Pembela Islam (FPI) timbul karena pemerintah tidak tegas terhadap ormas ini, pahala kalau FPI anarkis dan sudah tak sesuai aturan, pemerintah harus tegas menegakkan aturan yang berlaku.




"Ketidaktegasan pemerintah itu membuat FPI semakin berani dan arogan. Sudah berapa kali FPI melakukan aksi kekerasan dan arogansi, tapi pemerintah tak berbuat apa-apa," kata Taslim kepada ANTARA News, Jakarta, Sabtu.




Taslim juga menyayangkan sikap polisi yang seakan tak mampu mencegah aksi-aksi FPI.




"Polri harusnya mencegah siapa pun yang melakukan tindakan anarkis. Sweeping itu bukan tugas ormas. FPI seharusnya lebih concern pada dakwah," kata politisi PAN itu.




Namun dia memahami FPI beraksi karena Polri tak mampu mencegah dan memberi kenyamanan kepada masyarakat yang menjalankan ibadah puasa.




"Polri tidak hanya menjaga keamanan, tapi berpartisipasi buat kenyamanan umat Islam beribadah. Misalnya, berikan pengarahan kepada diskotik agar tidak buka saat puasa karena bisa mengganggu orang beribadah," kata Taslim.