Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat dibuka turun 10,60 poin atau 0,22 persen ke posisi 4.709,83.

Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) melemah 2,71 poin (0,34 persen) ke level 789,43.

"Pada pembukaan indeks BEI bergerak melemah, beberapa menit kemudian sebagian saham kembali menguat sehingga membuat IHSG BEI kembali berada di area positif," kata Kepala Riset Trust Securities, Reza Priyambada.

Pada pukul 09.20 WIB indeks BEI berbalik arah ke area positif atau menguat sebesar 7,74 poin (0,16) persen ke posisi 4.727,06.

"Laju positif itu seharusnya masih bisa bertahan bila didukung oleh sentimen yang ada terutama dari global untuk dapat mengimbangi sentimen negatif dalam negeri," kata Reza.

Ia mengatakan bahwa secara teknikal indeks BEI juga masih memiliki peluang kenaikan, indikator MACD (Moving Average Convergen Divergen) masih naik dengan histogram positif yang memanjang.

Sementara analis Sinarmas Sekuritas, Tessa Mulia, memperkirakan secara teknikal indeks BEI bergerak menguat di kisaran 4.680 sampai 4.753 poin.

Tessa merekomendasikan beberapa saham yang dapat diperhatikan dalam perdagangan Jumat, yakni Bank Mandiri (BMRI), Bank Rakyat Indonesia (BBRI), Ciputra Development (CTRA), dan Bumi Serpong Damai (BSDE).