Depok (ANTARA News) - Universitas Indonesia melalui Pusat Penelitian Perubahan Iklim bersama Association of Pacific Rim Universities (APRU) menggelar Simposium Internasional.

Kepala Kantor Komunikasi UI Farida Haryoko di Depok, Rabu, mengatakan, simposium ini mengambil tema "Coastal Cities, Marine Resources and Climate Change in the Coral Triangle" berlangsung di Hotel Sultan Jakarta dan Perpustakaan Pusat UI kampus Depok, 4--5 Juli 2013.

Ia mengatakan, Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya serta Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo akan membuka simposium internasional tersebut yang akan diikuti ratusan akademisi dari Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Filipina, Australia, dan Amerika Serikat.

Menurut dia, Balthasar Kambuaya akan menyampaikan pidato terkait Kebijakan nasional RI dalam mengadaptasi perubahan iklim. Sedangkan Sharif Cicip Sutardjo menyampaikan pidato mengenai perubahan iklim dan tantangan dan dampak yang dihadapi sumber daya laut di Indonesia.

Pada hari yang sama kata Farida dilakukan pula Penandatanganan Perjanjian Kerja sama antara UI dan Direktorat Jenderal Kelautan Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil tentang pengelolaan pulau-pulau kecil terluar di Pulau Larat, Kabupaten Maluku. Kerja sama kali ini bertujuan mendukung Program Adopsi Pulau.

"Pulau Larat dipilih sebagai Pulau-pulau kecil dan pulau-pulau kecil terluar (PPKT) merupakan salah satu dari 92 PPKT atau 31 PPKT yang berpenduduk dan berbatasan langsung dengan negara tetangga Australia," ujarnya

Ia berharap dengan penandatanganan kerja sama tersebut dapat membantu pemerintah dalam penyelesaian permasalahan di bidang kelautan dan perikanan, khususnya di kawasan pulau-pulau kecil dan pulau-pulau kecil terluar.
(F006/Z002)