Jenewa (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry dan Menlu Rusia Sergei Lavrov akan bertemu pekan depan untuk membahas situasi di Suriah yang dilanda perang, kata Perserikatan Bangsa Bangsa Selasa.

"Telah diberi tahu bahwa pertemuan Menlu Lavrov dan Menlu Kerry akan diadakan pekan depan," kata PBB dalam satu pernyataan setelah pembicaraan di Jenewa antara para diplomat senior AS, Rusia dan PBB yang bertujuan membuka jalan bagi konferensi perdamaian internasional baru mengenai Suriah.

"Diskusi-diskusi yang konstruktif, dan terfokus pada cara-cara untuk memastikan bahwa Konferensi Jenewa tentang Suriah dapat berlangsung dengan peluang terbaik untuk sukses," kata pernyataan itu, seperti yang dilaporkan AFP..

Itu adalah pertemuan kedua bulan ini antara utusan perdamaian PBB untuk Suriah Lakhdar Brahimi dan Deputi Menteri Luar Negeri Rusia Gennady Gatilov dan Mikhail Bogdanov serta Wakil Menlu AS untuk Urusan Politik Wendy Sherman.

Konferensi yang disebut Jenewa 2, yang dimaksudkan untuk menindaklanjuti pertemuan awal di kota Swiss tahun lalu yang hasilnya rencana transisi untuk Suriah tidak pernah dilaksanakan, awalnya telah ditetapkan pada bulan ini, kemudian diundur Juli.

Tetapi sebelum sesi Selasa dimulai, Brahimi mengatakan kepada wartawan bahwa Konferensi Jenewa 2 mungkin tidak akan terjadi pada Juli sekalipun.

Setelah itu PBB mengumumkan pertemuan Lavrov dan Kerry pekan depan dan menambahkan bahwa "konsultasi-konsultasi lebih lanjut antara PBB, Federasi Rusia dan Amerika Serikat akan berlangsung sesudahnya mengenai tanggal konferensi dan untuk melengkapi daftar peserta."


Penerjemah: Askan Krisna