Pekanbaru (ANTARA News) - Dinas Kehutanan Pemerintah Provinsi Riau mengaku kewalahan mengatasi kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di hampir seluruh wilayah kabupaten dan kota.

"Hari ini kami berkeliling untuk memantau kebakaran hutan di beberapa wilayah, seperti Kabupaten Kuantan Singingi, Pelalawan, Dumai dan Rokan Hilir," kata Kepala Seksi Penanggulangan Kebakaran Hutan Dishut Riau, Rahidi kepada Antara di Pekanbaru, Kamis.

Dia menjelaskan, kebakaran lahan di berbagai wilayah kabupaten itu kian meluas sehingga sulit dipadamkan oleh perangkat yang seadanya.

Rahidi mengatakan, di sejumlah kabupaten dan kota, para petugas Dinas Kesehatan Provinsi Riau berkoordinasi dengan dinas kesehatan kabupaten dan kota untuk bersama mengatasi soal yang telah menjadi isu internasional itu.

"Kami juga berkoordinasi dengan dinas-dinas atau lembaga lainnya di daerah kabupaten tersebut, termasuk Badan Lingkugan Hidup," katanya.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah masing-masing kabupaten, juga diminta untuk memfasilitasi upaya ini dengan menyiapkan segala perangkat dan peralatan yang dibutuhkan.

"Termasuk juga bantuan makanan dan logistik bagi para korban yang tinggal di sekitar lokasi lahan yang terbakar," kata Rahidi.