Belo Horizonte (ANTARA News) - Keluar sebagai juara Piala Afrika bagi Nigeria tiada lain merayakan pesta dan pesta. Tim berjuluk "Super Eagles" ini menjalani menit demi menit selebrasi dunia sepak bola sebagai sebuah perayaan.

Pesta "elang-elang" Nigeria diselimuti kabut kontroversi sebelum mereka didaulat berangkat ke Brazil jelang Piala Konfederasi 2013.

Para pemain negeri itu menolak naik pesawat dari hotel mereka di Namibia pada Kamis pekan lalu. Ribut-ribut tersulut lantaran mereka menuntut pembagian bonus kemenangan di Piala Afrika.

Seluruh personel pemain Nigeria meminta jatah pembayaran kontan sebesar 10.000 dolar AS. Bila tuntutan itu tidak dipenuhi, mereka mengancam akan mogok bermain.

Drama kemenangan berbuah tuntutan bonus itu menghiasi laga Nigeria melawan Tahiti pada Piala Konfederasi 2013, yang diadakan di Governandor Magalhaes Pinto, Belo Horizonte, pada Selasa dini hari WIB. Laga akan disiarkan oleh stasiun televisi swasta.

Anak asuh pelatih Nigeria, Stephen Keshi itu akhirnya bersedia berangkat ke Brazil untuk bertanding di Piala Konfederasi. Soal pembagian bonus relatif dianggap selesai.

Sementara, Tahiti yang disebut-sebut sebagai skuad "underdog" punya kisah mengenaskan hati sebagaimana dituturkan oleh pelatih Eddy Etaeta.

Menurut Etaeta, Tahiti yang mewakili kepulauan Polynesia Prancis di Pasifik selatan, tidak pernah tampil bermain di turnamen berskala besar, sementara sejumlah pemain Nigeria malang melintang di klub-klub elite Eropa. Kini Tahiti menempati peringkat ke-138 menurut FIFA.

"Dari 23 pemain yang kami bawa ke sini, sembilan pemain tidak punya pekerjaan. Mereka praktis pengangguran," katanya dalam jumpa pers sebelum pertandingan.

"Kebanyakan dari mereka berprofesi sebagai kurir, guru, bahkan ada yang bekerja sebagai akuntan. Saya juga punya pemain yang berprofesi sebagai pelatih olah raga."

"Salah satu bek yang kami punya, (Teheivarii) Ludivion bangun pukul empat setiap hari, bergegas memakai sepatu dan menghabiskan hampir seluruh waktunya dengan bekerja sebagai pendaki gunung. Kemudian, pada pukul lima pagi, ia naik kereta api untuk bergabung dengan klub sepak bolanya," katanya.

Ia menambahkan, "Kami tidak punya perangkat yang memadai, baik secara teknik, taktik, dan fisik. Yang kami punya jelang pertandingan besok hanyalah hati dan semangat bertanding."

Tahiti hanya punya seorang pemain profesional. Dia adalah striker Marama Vahirua yang pernah melakoni debut internasional melawan Nigeria. Pemain berusia 33 tahun ini kini membela sebuah klub di Liga Yunani, Panthrakikos.

"Kebanyakan dari kami bermain bola untuk kesenangan belaka. Beda dengan saya, sepak bola adalah pekerjaan," kata Vahirua yang kini membela klub sepak bola Liga Prancis. Nancy. Ia sendiri punya sepupu bernama Pascal yang pernah bermain di Prancis di awal tahun 1990-an.

"Hari ini, negara kecil berpenduduk sebanyak 270.000 jiwa akan mengukir namanya di lintas sejarah sepak bola. Kami kerapkali membicarakan para bintang, misalnya (Andres) Iniesta dan Xavi dari Spanyol, (Luis) Suarez dari Uruguay, (Ikechukwu) Uche atau (Victor) Moses dari Nigeria. Tetapi bintangnya sekarang adalah Tahiti," katanya.

Skuad Tahiti berharap dapat menghimpun kekuatan di lini pertahanan untuk menghalau serangan gencar Super Eagles. Salah satu pilar Tahiti, yakni Nicholas Vallar.

Pemain depan Nigeria Brown Ideye telah mengemas sebanyak 21 gol bagi Dynamo Kiev musim lalu. Ia menjadi pemain kunci negerinya bersama dengan Emmanuel Emenike dan pemain Chelsea, Victor Moses. Hanya saja dua nama terakhir ini tidak memperkuat Nigeria.

Komentar dua pemain:

Steevy Chong Hue (Tahiti):
"Bagi pemain amatir, laga ini jadi impian karena kami dapat bertanding melawan para pemain terbaik di dunia. Jelas bahwa kami harus bekerja lebih keras agar tidak beroleh mimpi buruk manakala menghadapi mereka."

"Kami siap melawan mereka, utamanya turun bertanding di laga pertama ini melawan Nigeria."

Efe Ambrose (Nigeria):
"Kami tahu bahwa kami perlu menang dalam pertandingan ini, untuk itu perlu lebih berkosentrasi. Kami tidak akan menyia-nyiakan kesempatan."

"Kejutan dapat saja terjadi dalam turnamen ini. Kami tidak ingin menghalau waktu dan membuang kesempatan begitu saja."

Prakiraan susunan pemain:

Tahiti (5-4-1):
Roche (penjaga gawang), Simon, Ludivion, Caroine, Faatiarau, Vero; Bourebare, Tehau, Chong-Hue, Vahirua; Tehau.

Nigeria (4-2-3-1)
Enyeama (penjaga gawang); Ambrose, Omeruo, Oboabona, Echiejile; Mba, Mikel, Ogude; Musa, Ideye, Oduamadi.

Pemain andalan kedua tim:

Marama Vahirua (Tahiti):
Pemain ini serta merta dibaptis sebagai pemain kunci bagi Tahiti. Bemain di Liga Prancis (Ligue 1), pemain depan ini kini berstatus pinjaman untuk membela sebuah klub di Yunani.

Striker berusia 33 tahun ini belum bersinar benar karena baru menjalakan tiga gol. Manakala membela negaranya di ajang internasional, ia akan menjadi inspirator bagi sesama rekannya.

John Obi Mikel (Nigeria):
Gelandang Chelsea ini kerap menuai kritik atas penampilannya yang semenjana saja. Di bawah arahan pelatih Keshi, penampilan Mikel diharapkan dapat menjulang.

Ia disebut-sebut menjadi salah satu pemain generasi baru bagi Super Eagles. Ia punya daya jelajah relatif tinggi di lini tengah lapangan. Menghadapi Tahiti, bukan pekerjaan sulit bagi pemain sekaliber dia yang kenyang pengalaman bertanding di Liga Liga Inggris (Premier League).

Catatan bagi kedua tim:

* Nigeria lolos turnamen ini setelah menang di Piala Afrika setelah menang 1-0 atas Burkina Faso.
* Super Eagles siap memberi gaya permainan unik dalam ajang Piala Konfederasi 2013.
* Nigeria mengalahkan Jepang 3-0, imbang 0-0 melawan Argentina dan menahan imbang 1-1 Meksiko dalam turnamen ini. Artinya, Nigeria belum pernah menelan kekalahan di ajang Piala Konfederasi.
* Tahiti membawa tiga pemain bersaudara, masing-masing Alvin, Lorenzo dan Jonathan Tehau.

Prediksi:
Tahiti imbang dengan Nigeria (81 persen)

Prediksi tiga besar (Goal.com)
* Tahiti 0-2 Nigeria (17,05 persen)
* Tahiti 1-2 Nigeria (13,21 persen)
* Tahiti 1-3 Nigeria (11,41 persen)

Lima laga terakhir:

Tahiti
26 Maret 2013 New Caledonia 1 - Tahiti 0 WCQO
23 Maret 2013 Tahiti 2 - Solomon Islands 0 WCQO
16 October 2012 New Zealand 3 - Tahiti 0 WCQO
13 October 2012 Tahiti 0 - New Zealand 2 WCQO
26 September 2012 New Caledonia 0 - Tahiti 1 FR

Nigeria
12 Juni 2013 Namibia 1 - Nigeria 1 WCQA
5 Juni 2013 Kenya 0 - Nigeria 1 WCQA
1 Juni 2013 Mexico 2 - Nigeria 2 FR
23 Maret 2013 Nigeria 1 - Kenya 1 WCQA
10 Februari 2013 Nigeria 1 - Burkina Faso 0 ACN

Narasi prediksi:

Nigeria mengawali pertandingan mereka di Piala Konfederasi ini dengan terusik soal kisruh pembagian bonus. Para pemain Nigeria berseteru dengan Federasi Sepak Bola Nigeria (NFF). Ini tentunya lebih kurang mempengaruhi semangat bertanding skuad Super Eagles.

Tahiti sendiri punya satu tekad yakni tampil sebagai skuad profesional untuk memperbaiki peringkat mereka di FIFA.

Prediksi Antaranews.com
Tahiti 0
Nigeria 2