Jakarta (ANTARA News) - Tunggal putra terbaik Indonesia Sony Dwi Kuncoro di luar dugaan disingkirkan oleh pemain non-unggulan asal India Ajay Jayaram dalam dua set langsung 20-22, 12-20, di babak perdelapan final kejuaraan bulutangkis Indonesia Terbuka 2013, di Istora Senayan Jakarta, Kamis.

"Saya sudah siap untuk menghadapi Sony. Saya sudah mempelajari pola permainannya lewat video," kata Ajay usai pertandingan.

Strategi tersebut menjadi modal Ajay, peringkat 25 dunia, untuk menundukkan Sony yang kini bertengger di ranking tujuh dunia.

Ajay mengatakan Sony memiliki kemampuan reli yang bagus, khususnya antisipasi pukulan tajam Maka ia mempelajari strategi untuk menghadapi hal tersebut.

"Saya cukup percaya diri. Tadi juga melakukan sedikit kesalahan," tambahnya.

Sony tak mampu menjaga peluangnya saat kedudukan sama 18-18 di game pertama. Ajay terus menyerangnya dengan pukulan keras yang membuat Sony keteteran dan takluk 20-22.

Pada game kedua, penampilan Sony tidak semakin baik dan terus tertinggal. Sony hanya mampu mengatasi Ajay hingga skor 11-12.

Sebaliknya Ajay terus bermain agresif dan pukulan keras Sony diladeninya dengan baik.

Reli-reli panjang yang dimainkan pun masih di bawah kendali Ajay. Akhirnya Sony bertekuk di poin 12-21.

Dengan kekalahan ini, Sony gagal mengikuti langkah Tommy Sugiarto dan Dionysius Hayom Rumbaka yang melaju ke perempat-final. Dan bagi Ajay, ini adalah peluang yang baik setelah pada turnamen tahun lalu ia langsung tersingkir di putaran kedua oleh Hayom.