Manado (ANTARA) - Capaian Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) yakni pengelolaan Barang Milik Negara (BMN) lingkup wilayah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) hingga 30 September 2023 sangat baik dan telah melampaui target triwulan III tahun 2023.

"Capaian PNBP sebesar Rp6,99 miliar atau sebesar 141,93 persen dari target yang telah ditetapkan," kata Kepala DJPB Kanwil Sulut Ratih Hapsari Kusumawardani, di Manado, Minggu.

Dia mengatakan, capaian PNBP dari pelaksanaan lelang lingkup wilayah Provinsi Sulut sampai dengan 30 September 2023 dari lelang oleh PL I, PL II, dan PT Pegadaian mencapai 100,63 persen dari target triwulan III ini.

"Pokok lelang atas pelaksanaan lelang tersebut mencapai sebesar Rp334,77 miliar," katanya pula.

Hal itu mengindikasikan tingkat kepatuhan satker pengguna BMN yang baik, tingkat utilisasi BMN yang meningkat, dan koordinasi yang baik antara Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan KPKNL Manado dengan pemangku kepentingan lainnya yang terkait.

Ia menjelaskan khusus lelang yang dilakukan oleh Pejabat Lelang Kelas I (KPKNL Manado) telah dilaksanakan lelang sebanyak 438 kali dengan total lelang laku sebanyak 450 lot hingga 30 September 2023.

Lelang terbanyak dilaksanakan atas Lelang Eksekusi (Pasal 6 UUHT) dengan frekuensi sebanyak 337 kali dan menghasilkan pokok lelang Rp37,85 miliar.

Dia menjelaskan hingga 30 September 2023, Kanwil DJKN Suluttenggomalut dan KPKNL Manado berhasil menyelesaikan piutang-piutang negara yang berusia lebih dari 20 tahun.

Piutang tersebut merupakan BKPN Eks BDL yang telah dilunasi oleh 11 debitur, 79 BKPN yang merupakan Piutang Negara Sementara Belum Dapat Ditagih, dan dua BKPN yang diselesaikan melalui mekanisme crash program. Sehingga, katanya, total penurunan outstanding PN dari penyelesaian BPKN tersebut sebesar Rp1,11 miliar.
Baca juga: Realisasi PNBP lampaui target APBN 2023 capai Rp451,5 triliun
Baca juga: Kemenkominfo buka konsultasi RPM penetapan tarif PNBP di Ditjen SDPPII