Pekanbaru (ANTARA News) - Empat rumah toko (ruko) dan satu kilang kayu yang berada di Jalan Harapan Raya (Haji Imam Munandar nama jalan saat ini), Pekanbaru, Riau, Minggu dini hari terbakar diduga akibat konsleting arus listrik.

"Kejadiannya sekitar pukul 03.00 WIB. Waktu itu api pertama terlihat di bagian belakang kilang kayu," kata Anisa, warga yang tinggal persis berdekatan dengan lokasi kejadian.

Empat ruko dan satu kilang kayu dengan plang nama "Pengetaman Kayu Srilanka" yang terbakar itu diketahui milik keluarga Liliyanti (48).

Liliyanti beserta suami dan sejumlah keluarga lainnya termasuk anak-anak mereka berhasil selamat dari kejadian itu.

"Ketika kejadian, saya terbangun karena ada tetangga yang teriak kebakaran dan membangunkan kami sekeluarga," kata Liliyanti yang ditemui di lokasi kejadian.

Dia mangatakan, konsleting listrik akibat arus pendek diduga menjadi faktor penyebab terjadinya kebakaran.

"Karena beberapa hari sebelumnya, sempat ada percikan api di sambungan listrik dekat kilang kayu," katanya.

Liliyanti mengatakan, kemunculan api pertamakali juga terlihat berada persis di bagian belakang kilang tempat dimana kejadian konsleting listrik itu.

Dia mengatakan, peristiwa kebakaran begitu cepat hingga akhirnya api merayap ke empat ruko yang berada tepat bersebelahan dan menghanguskannya.

Kepanikan yang luar biasa, diakuinya, membuat tidak ada barang-barang berharga yang berhasil diselematkan.

Api baru kemudian dapat dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB sehingga sejumlah rumah toko lainnya yang berada saling berdekatan dapat terhindar dari lalapan `si jago merah`.

Petugas kepolisian mengatakan masih menyelidiki peristiwa itu dengan mengambil beberapa sample guna mengetahui penyebab pasti kebakaran.