Jakarta (ANTARA News) - Ribuan buruh dari berbagai serikat pekerja bergerak menuju Istana Negara, Jakarta, untuk menyuarakan tuntutan mereka pada peringatan Hari Buruh Internasional, Rabu.

Mereka meneriakkan yell-yell dan menyampaikan tuntutan para pekerja seperti penghapusan penggunaan pekerja alih daya, penerapan sistem jaminan sosial nasional, dan pemberantasan kriminalisasi terhadap serikat buruh.

Pimpinan Unit Kerja Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Kabupaten Tangerang, Hedi Heru, mengatakan para buruh akan memusatkan aksi di depan Istana Negara.

Setelah itu, sebagian massa buruh akan berpencar ke berbagai kementerian seperti Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Kesehatan.

"Kalau massa dari Banten, khusus akan ke DPR," kata Hedi serta menambahkan, para buruh akan melakukan aksi hingga sore hari.

Massa buruh antara lain terdiri atas anggota KSPSI, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Federasi Serikat Pekerja Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bersatu, Barisan Insan Muda (BIMA), dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI).