Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis pagi melemah 9,10 poin atau 0,18 persen ke posisi 5.002,50.

Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) melemah 2,82 poin (0,27 persen) ke level 848,38.

"IHSG BEI bergerak melemah seiring minimnya sentimen positif baru di pasar saham domestik," kata analis Samuel Sekuritas, Benedictus Agung.

Ia menambahkan beberapa sektor saham yang pada perdagangan Rabu (24/4) menguat signifikan seperti perbankan akan cukup rawan kena aksi ambil untung oleh investor hari ini.

"Meski demikian penguatan harga komoditas dunia dan data produk domestik bruto kuartal pertama 2013 Korea Selatan yang tumbuh 0,9 persen dapat memberikan sentimen ke pasar saham Asia termasuk indeks BEI," katanya.

Analis HD Capital, Yuganur Wijanarko, menambahkan aksi jual saham menyebabkan upaya melanjutkan penguatan indeks BEI menjadi sulit untuk sementara waktu.

"Tren indeks BEI diperkirakan masih relatif mendatar antara 4.940-5.026 poin," kata dia.

Ia merekomendasikan pelaku pasar memperhatikan beberapa saham dalam perdagangan hari ini, di antaranya Salim Ivomas (SIMP), Energi Mega Persada (ENRG), Elnusa (ELSA), dan Ramayana Lestari (RALS).