Jakarta (ANTARA News) - PT Kalbe Farma Tbk melaui program pertanggungjawaban sosial perusahaan, produk Hydro Coco melestarikan penyu dengan memberikan pendidikan kepada anak-anak sebagai generasi penerus yang akan menjaga kekayaan alam di Indonesia.

"Kegiatan ini dilaksanakan di Mall Kelapa Gading Jakarta Utara,11-14 April 2013 dan Mall Sumarecon Serpong Tangerang, pada 2-5 Mei 2013 berkerja sama dengan Sea World Indonesia," kata Widjanarko Lokadjaja, Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Kalbe Farma Tbk di Jakarta, Kamis.

Program CSR yang dinamakan Hydro Coco Beach menghadirkan suasana dan habitat pantai di dalam mall untuk memperkenalkan keaneka ragaman biota laut termasuk penyu, di dalamnya juga diberikan pengetahuan mengenai manfaat air kelapa yang biasa ditemukan di pantai, kata Lokadjaja.

Widjanarko mengatakan, dengan membawa suasana pantai dan laut ke dalam mall akan membuat penyampaian pesan kepada masyarakat untuk memberikan perlindungan kepada satwa langka akan berjalan lebih menarik dan menyenangkan.

"Di dunia terdapat tujuh jenis penyu dan enam di antaranya terdapat di Indonesia oleh sebab itu kami mencoba untuk berpartisipasi memelihara populasi penyu di Indonesia yang semakin hari terus berkurang," ujar dia.

Dalam portal profauna disebutkan jenis penyu di Indonesia meliputi penyu hijau (Chelonia mydas), penyu sisik (Eretmochelys imbricata), penyu lekang (Lepidochelys olivacea), penyu belimbing (Dermochelys coriacea), penyu pipih (Natator depressus), dan penyu tempayan (Caretta caretta).

Penyu belimbing adalah penyu yang terbesar dengan ukuran panjang badan mencapai 2,75 meter dan bobot 600-900 kilogram. Sedangkan penyu terkecil adalah penyu lekang, dengan bobot sekitar 50 kilogram. (*)