Jakarta (ANTARA News) - Indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis dibuka menguat 9,72 poin atau 0,20 persen ke posisi 4.887,19.

Sementara indeks 45 saham unggulan (LQ45) menguat 2,43 poin (0,30 persen) ke level 825,29.

"Bursa Asia pagi ini, termasuk indeks BEI, kembali dibuka menguat seiring penguatan signifikan bursa global pada perdagangan tadi malam," kata analis Samuel Sekuritas, Yualdo Yudoprawiro.

Ia mengatakan, data impor China bulan Maret yang menunjukkan pertumbuhan 14,1 persen, melebihi ekspektasi pelaku pasar, mendorong investor kembali mengakumulasi saham.

Selain itu, lanjut dia, pernyataan The Fed untuk mempertahankan pelonggaran kuantitatif tahap tiga hingga akhir tahun 2013 menambah sentimen positif.

Menurut dia, sentimen positif di bursa global akan berimbas pada pergerakan IHSG BEI hari ini dengan dukungan dari beberapa saham sektor otomotif, pertambangan dan perbankan.

Sementara analis Panin Sekuritas, Purwoko Sartono, mengatakan, pergerakan IHSG BEI masih dibayangi oleh wacana kebijakan bahan bakar minyak bersubsidi pemerintah.

"Selain itu, pelaku pasar juga menanti kebijakan BI Rate yang akan diumumkan hari ini sehubungan dengan inflasi yang cenderung tinggi beberapa bulan terakhir," katanya.