Jakarta (ANTARA News) - Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, mendukung penuh pencalonan Mari Pangestu yang kini menjadi kandidat direktur jenderal World Trade Organization (WTO).

"Kami sudah habis-habisan sekali memberikan dukungan," kata Wirjawan, di Jakarta, Selasa.

Menurut dia, bukan hanya kedutaan besar Indonesia di negara-negara anggota WTO saja yang mencari dukungan untuk pencalonan Pangestu, melainkan juga ditambah dengan pihaknya dan beberapa anggota eselon I yang juga sudah terbang ke Jenewa, Swiss.

Pihaknya juga akan melihat seberapa besar dukungan terhadap pencalonan Pangestu pada Trade Policy Review (TPR) di Jenewa pada 10-12 April 2013 dan dalam pertemuan menteri perdagangan APEC di Surabaya pada 20-21 April 2013.

"Nanti, pada momen-momen itu saya bisa mengukur seberapa besar dukungan yang bisa diberikan kepada Ibu Mari, mudah-mudahan semakin mantap," katanya.

Saat ini, sebanyak sembilan kandidat direktur jenderal WTO masih menjalani berbagai rangkaian seleksi putaran pertama.

Pada tanggal 10 April 2013, rencananya putaran kedua berlangsung sebanyak empat kandidat akan gugur dan hanya menyisakan lima kandidat terbaik.

Pada awal Mei 2013, kandidat akan mengerucut menjadi hanya dua orang untuk selanjutnya akan dipilih dan diumumkan direktur jenderal WTO baru pada akhir Mei 2013 dan mulai bertugas pada bulan Agustus 2013.

Dari sembilan kandidat direktur jenderal WTO 2013--2017, Pangestu adalah salah satu dari empat kandidat yang masih aktif menjabat sebagai menteri. Lima kandidat lainnya memiliki latar belakang profesi dan pengalaman yang beragam.

Bila terpilih, Pangestu akan menjadi wanita pertama yang menduduki posisi direktur jenderal WTO.