Jakarta (ANTARA News) - Sakit kepala adalah hal yang biasa dialami oleh para pekerja. Hal ini dapat terjadi karena berbagai alasan seperti stres, waktu tidur yang kurang, kurangnya gizi dan postur duduk yang salah.

Beban pekerjaan yang berat bisa membuat Anda cepat lelah dan mudah terserang stres. Cobalah untuk beristirahat secara singkat setelah beberapa jam bekerja. Ambil napas dalam-dalam untuk menenangkan suasana hati Anda. Mendengarkan lagu favorit atau sekadar berbincang dengan teman kerja juga bisa memperbaiki suasana hati Anda.

Kurang tidur dapat menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Jika Anda merasa mengantuk di kantor, cobalah untuk mengkonsumsi secangkir kopi. Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membantu menyingkirkan rasa kantuk secara alami. Selain itu, mencuci wajah juga dapat membantu menghilangkan rasa kantuk sekaligus menyegarkan diri.

Perhatikan pula asupan cairan yang masuk ke dalam tubuh dan pastikan Anda minum banyak air. Air dapat membersihkan sistem, mengurangi stres, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, juga membuat kulit Anda bersinar.

Melakukan gerakan memutar leher tidak hanya dapat membantu melemaskan otot leher, bahu, dan punggung.Gerakan ini juga ampuh mengurangi sakit kepala pada saat jam kerja.

Postur duduk yang salah pada saat bekerja dapat menyebabkan otot punggung dan bahu menjadi kaku, sehingga memicu sakit kepala. Oleh sebab itu, pastikan punggung Anda bersandar dengan cukup nyaman sehingga otot bagian belakang tubuh Anda tidak kaku.
(M048)